Mengenal Gagal Ginjal

Ginjal

Ginjal adalah bagian tubuh yang sangat penting. Keberadaan ginjal sebagai penyaring darah dari sisa-sisa metabolisme menjadikan fungsinya tak bisa tergantikan oleh yang lainnya. Kerusakan atau gangguan pada ginjal menimbulkan masalah pada kemampuan dan kekuatan tubuh. Aktivitas kerja terganggu, tubuh jadi mudah lelah dan lemas. Bagi anda yang mengalami cepat lelah dan lemas berhati-hatilah, siapa tahu Anda sedang terkena penyakit ginjal.

Gejala Awal

Pada stadium awal, penyakit ginjal tidak menimbulkan gejala apa pun. Akan tetapi seiring dengan metabolisme tubuh Anda, akan terjadi penumpukan sisa-sisa metabolisme tubuh di dalam tubuh. Akibatnya kaki dan tangan Anda jadi bengkak, nafas pendek, dan energi untuk beraktivitas pun jadi menurun.

Penyakit ginjal adalah penyakit yang aktif bekerja. Ia sangat mudah untuk bertambah parah bila tidak ditangani secara dini. Keadaan akgir dari penyakit ginjal adalah ginjal tidak bisa berfunsi lagi yang disebut dengan ESRD (End Stage Renal Disease) atau tahap akhir penyakit ginjal. Ini tahap paling berbahaya. Kalau sudah demikian, yang terbaik bagi Anda sekarang adalah operasi penggantian ginjal. Sebelum semuanya terjadi maka usaha yang bisa Anda lakukan adalah pencegahan dini dari kemungkinan ESRD.

Gagal Ginjal

Fungsi utama ginjal adalah membersihkan darah darin sisa-sisa hasil metabolisme tubuh yang berada di dalam darah dengan cara menyaringnya. Jika kedua ginjal gagal menjalankan fungsinya (pada tahap akhir penyakit ginjal), sisa-sisa hasil metabolisme yang diproduksi oleh sel normal akan kembali masuk ke dalam darah (Uremia).

Bagaimana gagal ginjal bisa terjadi? Ini terjadi jika terdapat gangguan pada pembuluh darah vena atau system penyaringannya. Tidak hanya itu, bisa jua terjadi karena adanya masalah-masalah pada kesehatan yang lain, seperti adanya tekanan darah tinggi, diabetes atau adanya masalah yang terjadi pada system  penyaringan ginjal seperti pada keadaan glomerulonefritis atau penyakit ginjal polikistik. Pada kasus lainnya juga ditemukan akibat adanya masalah pada saluran kemih.

Atur Konsumsi Makan

Mengkonsumsi makanan yang tepat penting dilakukan, khususnya bagi Anda penderita penyakit ginjal. Sebab dengan terganggunya fungsi ginjal, kotoran dalam darah akan semakin menumpuk. Keadaan ini akan menyebabkan tubuh menjadi bengkak, mual atau muntah. Tapi semua tergantung dari stadium penyakitnya, semakin lama dibiarkan penyakit ginjal menyerang maka efek negatifnya akan semakin parah.

Dengan membatasi jumlah makanan dan cairan secara tepat, akan diperoleh sisa hasil metabolisme yang mudah dibuang oleh tubuh. Penyaringan oleh ginjal dapat diminimalisir sehingga tidak sampai terjadi penumpukan sisa hasil metabolisme dalam darah.

Umumnya para penderita gagal ginjal disarankan oleh dokter untuk diet, mengurangi porsi makanan dan minuman sekaligus mengatur jenis makanan dan minuman yang boleh dikonsumsi. Diet yang harus dijalani setiap penderita gagal ginjal akan berbeda satu dengan lainnya. Hal ini bergantung pada kondisi tubuh penderita.

Berikut beberapa saran makanan yang dianjurkan:

  1. konsumsi makanan rendah protein

tubuh memerlukan protein untuk membentuk otot. Tapi bagi penderita penyakit ginjal, kelebihan protein akan menyebabkan gangguan pada pada proses penyaringan, yang berakibat terjadi peningkatan sisa hasil metabolisme protein dalam darah dan menambah parah penyakitnya. Anda dapat mencegah hal ini dengan cara mengkonsumsi makanan rendah protein yang ada di sekitar Anda.

  1. Konsumsi sedikit garam

Garam natrium berfungsi untuk mempertahankan cairan dalam tubuh Anda. Untuk mengurangi kadar garam dalam tubuh, bila Anda membeli makanan, periksalah label makanan dan carilah makanan yang mempunyai kandungan natrium di bawah 400 mg untuk sekali makan. Kalau pun Anda makan dengan saus, gunakan saus yang berkadar natrium rendah, dan jangan gunakan garam pengganti yang mengandung kalium.

  1. Tidak minum terlalu banyak

Ginjal yang normal dapat mengatur keseimbangan cairan yang masuk dan keluar dari tubuh. Jika ginjal Anda mengalami gangguan, maka akan terjadi masalah pada pembentukan urine. Dalam kondisi seperti ini, Anda harus membatasi konsumsi air per hari. Sebaiknya hisaplah air jeruk lemon untuk membasahi bibir Anda yang kering., dan minumlah hanya untuk mengatasi rasa haus saja. Jika Anda juga termasuk penderita diabetes, jagalah kadar gula Anda, agar Anda tidak merasa terlalu haus.

  1. Tidak mengkonsumsi fosfat

Susu, kacang-kacangan yang dikeringkan, dan coklat yang banyak mengandung zat fosfat, sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi karena akan berakibat kadar fosfat dalam darah Anda meningkat dan menyebabkan tulang menjadi lebih rapuh.

Adanya komplikasi

Kadang-kadang penyakit ginjal mengalami komplikasi dengan berbagai penyakit lainnya. Di antaranya adalah diabetes dan tekanan darah tinggi. Dan jika ini terjadi akan berdampak buruk bagi tubuh Anda.

Komplikasi dengan diabetes akan menyebabkan proses metabolisme dalam tubuh menjadi tidak maksimal. Akibatnya kadar glukosa dalam darah meningkat. Jika hal ini berlangsung lama akan dapat merusak pembuluh vena sekaligus menyebabkan gangguan fungsi ginjal. Bila sudah terlanjur terjadi komplikasi, maka yang harus Anda lakukan sekarang adalah mempertahankan diet, mengontrol kadar glukosa dalam darah, dan rutinlah berolahraga.

Tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah. Komplikasi dengannya menyebabkan fungsi ginjal sebagai penyaring darah menjadi terganggu. Usaha yang Anda dapat lakukan adalah mengurangi konsumsi garam dan lemak sambil tetap mempertahankan diet yang Anda jalanka. Olahraga dan minum obat-obatan yang dianjurkan akan sangat membantu, perhatikan juga berat badan dan tekanan darah Anda.

Sumber : Majalah Nikah Vol. 2, No. 6, September 2003. Hal. 44-46

37 pemikiran pada “Mengenal Gagal Ginjal

  1. saya kan sering nech mengkonsumsi obat – abatan dengan dosis tinggi, misal kalo saya ge batuk – batuk sering minum Ampicilin 500 mg + komix tanpa anjuran dokter, dan sering konsumsi obat – obatan untuk penyakit asma tanpa ada saran dari dokter hanya berdasarkan saran oaran2yg pernah mengalami asma az. bisa dalam 1 hari tuch 3 jenis obat yang masuk dalam darah, tetapi asmanya ga tiap hari sc mnculnya.

    nah, yg pengen saya tanyakan apakah hal tersebut berpengaruh terhadap kerja Ginjal atau Hati ???

    mohon dijelaskan yaa>>!!!!

    hanya sekedar share yang saya baca ginjal akan mengalami kerusakan apabila kita sering mengkonsumsi obat-obatan kimia dan hati berfungsi sebagai penetralisir racun yang masuk kedalam tubuh…..terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan kimia dapat merusak fungsi hati……wallahu a’lam

  2. saya ada pertanyaan tentang cuci darah. setahu saja orang yang cuci darah itu karena dia fungsi ginjalnya sudah berkurang atau dengan kata lain gagal ginjal. apabila tidak cuci darah gimana ya? ada tidak pengobatan aliternatif yang bisa digunakan?

  3. hay, aku pernah merasakan gejala – gejala tersebut aku ingin ada penyelesaiannya apa aku terkena gagal ginjal ?aku ingin tanya apa penyakit gagal ginjal bisa disembuhkan>

  4. Ibu saya penderita gagal ginjal dan sudah 2 bulan menjalani cuci darah. Gagal ginjal yang dialaminya karena ibu memiliki penyakit diabetes. semenjak masuk rumah sakait samapai sudah keluar ibu saya mengalai susah BAB. Apakah itu efek dari gagal ginjanya atau hanya karena pola makan. Apaka obat yang diberi dokter berpengaruh terhadap susanhnya BAB.

  5. assalamualaikum dok,
    saya dari pedalaman kalimantan tengah, dulu sekitar 4 tahun yg lalu kaki dan muka saya tiba-2 bengkak trus kepala sebelah kanan seperti mau keram, trus saya periksakan ke dokter spesialis lalu dikatakan dokter spesialis saya kena penyakit gangguan fungsi ginjal, yg ingin saya tanyakan, separah apakah penyakit saya ini, apakah saya bisa sembuh total (bagaimana caranya), sampai saat ini saya masih konsumsi obat LAMESON 16, yg saya makan setiap pagi setengah tablet. s
    ebelumnya saya ucapkan terima kasih dok.tolong dibalas via email saya (rere_com2008@yahoo.com)

  6. sya mau tanya dok….ibu saya menderita gagal ginjal hampir setahun, semua yang saya baca memang semua ada pada ibu saya, dokter menyarankan untuk cuci darah. Apakah ada jalan lain selan cuci darah dok…..Terimakasih

    Yanti

  7. Dok, bapak saya mengalami ciri2 tsb diatas. Makanan apa yg hrs dihindari dan minum brp ltr yg disarankan utk 1 hari. beliau menderita diabetes, kaki kanan sdh diamputasi, sdgkan yg kiri terdapat luka (dlm penanganan dokter). terima kasih atas jawabannya.

  8. Doc, saya mau bertanya diini di jelaskan akan gejala awal pada penyakit gagal ginjal, nah yang saya tanyakan ada di dalam kurung di bawah ini :
    Pada stadium awal, penyakit ginjal tidak menimbulkan gejala apa pun. Akan tetapi seiring dengan metabolisme tubuh Anda, akan terjadi penumpukan sisa-sisa metabolisme tubuh di dalam tubuh. Akibatnya .
    Namun yang saya rasakan ada hal tersebut, akan tetapi kaki dan tangan saya tidak merasa terjadi pembengkak an. Tapi sering kali lengan saya terasa sakit jika di sentuh, namun tidak monoton di daerah itu, apakah ini ada kaitanna dng penyakit gagal ginjal?karena saya jika buang air kecil sering kali urine na berwarna kuning sekali terkadang tidak begitu kuning, jika boleh saya tau apa ini salah satu gejala dari gagal ginjal?karena beberapa orang bilang jika urine berwarna itu katanya ginjal nya bermasalah, apakah benar?
    makasi doc,

    Bella

  9. dok,.. mau nanya’ nich..istri saya kebetulan baru sebulan melahirkan,..dulunya pernah gagal ginjal dan tlah diobati ke penang melalui Operasi Transplantasi(cangkok) & alhamdulillah tlah normal.. namun 3hari belakangan pasca melahirkan dia mengalami rasa nyeri-nyeri di kulit, kurang nafsu makan seperti gejala yang dirasakan waktu sakit Gagal ginjal pada waktu dulu..
    Dok,saya mau tanya, apa mungkin tidak setelah dilakukan pengobatan transplantasi 2 thn yg lalu akan kambuh kembali,karena saya pernah membaca artikel bahwa cangkok ginjal bertahan lama (s/d 40thn),. atau karena dampak penyakit lain..&apakah gagal ginjal bisa disembuhkan
    Bantuan dokter sangat berguna bagi saya& mohon diberikan tips pencegahan/pengobatannya ke email saya..
    atas bantuannya saya ucapkan Trimks

  10. Dok, saya mau tanya. “belum lama ini saya cek up kedokter karna saya merasakan sering kencing & agak sedikit sakit.Dan kata dokter saya mengalami penyakit kencing batu. saya diberikan 4 macam obat, ada 3 obat yg kalau saya minum ada alergi dokter bilang jangan duteruskan, terus saya mengalamim gatal2 jadi saya hentikan total tuc obat, saya hanya banyak meminum air putih,dan saya merasa mendingan dr sebelumnya,setiap saya kencing saya perhatikan urin yg keluar, kadang keluar bentuk jelly kecil warna merah kadang putih.
    sekarang kencing saya agak mendingan tp masih sering setiap 15 menit sekali & masih agak sedikit nyeri.
    Dan 2 hari setelah itu pinggang saya terasa sakit gak seperti biasanya.
    Yang saya ingin tanyakan apakah yg keluar pas kencing tadi itu disebut batunya?
    terus apakah saya mengalami gangguan ginjal jg?
    saya baca di internet ada yg bilang harus banyak minum air putih& ada yg bilang jg kurangin minum aur putih.,saya bingung dok.,
    tolong saya ya dok.
    zhem_bhe@yahoo.co.id

  11. dok,ibu saya mengalami pengecilan pada ginjal.dan apakah ada cara untuk menyembuhkan nya,dan apa penyebabnya pengecilan pd ginjal?
    thx

  12. Apakah penyebab timbul’a bintik2 sperti jerawat pd lher muka dan bdan? Apakah krna obt lameson? Dan bagaimana mengatasinya? Bs tdak dganti obt lain sperti furosemide?

  13. dok,, saya mau tanya,,
    perut bagiian kri saya sering mrasa nyerii
    kdang2 rsa nyeri itu smpai k payudara saya,,
    kira2 saya skiit apa y??

  14. saya mau tanya sudah beberapa bulan ini pinggang sebelah kanan saya terasa pegal dan panas ketika duduk dan kadang2 waktu tidur saya merasakan hal yg sama.gejala penyakit apa ya itu

  15. Ping-balik: Pencarian Melalui Mesin Pencari Umum « Blog Pendidikan FK UII

  16. Assalm.wr.wb
    Ana mau tanya ..
    Ibu saya hampir 1 tahun menjalani cuci darah (haemodialisa). Awalnya beliau sakit darah tnggi (hipertensi). Selama 3 bulan terakhir ini, beliau banyak mengalami komplikasi. Yang ingin saya tanyakan, apakah komplikasi yang di alami ibu saya akibat dari HD (cuci darah) ? Lalu, bisakah penyakit ini disembuhkan dengan cara alternatif ? Efektif kah ?
    Jazakumullah khairan katsir atas penjelasannya ..
    Wassalam.wr.wb

    • penyakit gagal ginjal adalah penyakit yang sensitif. karena adanya kerusakan sel ginjal. setahu saya belum ada obat konvensional untuk memperbaiki ginjal. solusinya hanya cangkok atau cuci darah. padahal seharusnya kita mencari nutrisi yang bisa memperbaiki sel ginjal tsb. saya mau sharing pengalaman saya tentang gagal ginjal ayah saya sampai bs berhenti cuci darah di ************. maaf saya hanya memberi info. selebihnya kembali ke anda.

      • Saya ingin tahu bagaimana Bapak anda bisa sembuh?? tanpa cuci darah lagi krn ibu saya menderita pengecilan ginjal sehingga gagal ginjal mohon info. Mksh

  17. Dokter yang budiman,
    ibu mertua saya divonis dokter harus cuci darah, tapi kami menolaknya. Dan sekarang menjalani pengobatan di dokter yang lain dng rawat jalan. Dok, apakah urium dan kreatin yang tinggi dapat memastikan gagal ginjal?

  18. saya mau betanya apakah rasa lelah dan lemas itu selalu penurunan fungsi ginjal karna saya seoarang pekerja jadi saya sangat takut bila kenyataannya benar karna saya pernah lihat orang yang kena ginjalm itu hidupnya kayaknya menderita dengan kegiatan cuci darah yang rutin di lakuakn

  19. Trimakasih, saya ingin menanyakan mengenai point yang menyatakan “minum yang tidak terlalu banyak”. Yang dimaksudkan disini minum air putih atau minum air yang berwarna dan berasa?.
    Demikian, terimakasih

    • sdr. wahyu,
      bila blm mengalami gagal ginjal, kita bisa minum air yg baik +- 2lt/hr.
      air yg baik adalah air yg tidak memiliki kadar pencemaran tinggi
      namun bila sdh mengalami gagal ginjal, tentu jumlah air yg mampu disaring oleh tubuh lbh sedikit, karena ginjal sdh tidak mampu menyaring darah.. jadi air yg diminum pun harus yg benar-benar bersih dan halus..
      cuci darah bukanlah jalan terbaik utk penderita gagal ginjal, krn hanya bersifat membantu menggantikan fungsi ginjal sementara menunggu transplantasi ginjal.
      Solusi terbaik dan termurah bagi penderita gagal ginjal adalah memperbaiki sendiri sel-sel ginjalnya yg sdh rusak parah.. terapi ini dilakukan minimal 1-3bulan.
      Nantinya pasien gagal ginjal bisa hidup sehat dan mandiri, bebas dari cuci darah seumur hidup..

      semoga bermanfaat bagi para penderita dan dunia kesehatan indonesia

  20. ass, sya mau tnyak ne. apakah bener kalau gagal ginjal itu penyakit keturunan? keluarga saya memang banyak yang meninggal karena gagal ginjal. sewaktu saya berumur 15 thn, sya pernah mengalami penyakit yg saya jga gk tau itu apa. urine sya brwrna merah seperti darah. pinggang sya juga sering sakit. apakah ada kemungkinan saya terkena gagal ginjal juga?
    terima kasih,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s