Sarang semut dan Khasiatnya

Sarang semut merupakan salah satu tumbuhan epifit dari hydnophytinae (Rubiaceae) yang dapat bersimbiosis dengan semut dan dikatakan bersifat epifit karena tumbuhan ini menempel pada tumbuhan lain tetapi tidak hidup secara parasit pada inangnya sehingga hanya sebagai tempat menempel saja.

Kandungan dan Manfaat 

Secara tradisi, sarang semut biasa digunakan sebagai tanaman obat oleh masyarakat pedalaman di bagian barat Wamena, Papua. Suku-suku di Bogondini dan Tolikara lazim memanfaatkannya untuk mengatasi rematik dan asam urat.

Sarang semut mengandung flavonoid dan tanin. Flavonoid berfungsi sebagai antidioksidan, yang bias mencegah sekaligus mengatasi serangan kanker. Mekanisme kerja flavonoid dalam mengatasi kanker dengan membuat karsinogen tidak aktif, penghambat siklus sel dan induksi apoptosis. Disamping itu, juga mengandung tokoferol. Tokoferol mirip vitamin E, yang berefek antidioksidan efektif. Tokoferol berfungsi sebagai antidioksidan dalam menangkal radikal bebas dan sebagai antikanker.

Dilihat dari kandungannya, maka sarang semut, menurut penelitian hampir bisa mengatasi berbagai jenis kanker. Demikian juga sarang semut bisa digunakan untuk mengobati penyakit jantung dan kebocoran jantung. Khasiat sarang semut dalam mengatasi jantung bocor diperkirakan akibat kandungan sarang semut yang kaya mineral. Sarang semut mengandung 0.37 g kalsium, 68.58 mg natrium, dan 3.61 g kalium per 100 g.

Dalam metabolisme tubuh, kalsium dan natrium berperan memperbaiki kerja jantung dan impuls saraf. Sedangkan kalium berperan mengatur ritme jantung. Jika kebocoran jantung disebabkan infeksi kuman, maka senyawa yang berperan mengatasinya adalah flavonoid.

Dalam banyak kasus flavonoid berperan langsung sebagai antobiotik dengan mengganggu fungsi mikroorganisme seperti bakteri atau virus. Senyawa flavonoid terkandung dalam serbuk maupun ekstrak air sarang semut.

Sumber: Diketik ulang dari Buku “Sehat Alami dengan Herbal & Thibbun Nabawi”

10 thoughts on “Sarang semut dan Khasiatnya

  1. MEMANG BETUL KASIAT DARI SARANG SEMUT SAYA JUGA SERING KOSUMSI LANGSUNG DARI TANAH PAPUA YANG SAYA RASA SETELAH SAYA KOSUMSI SARANG SEMUT SAYA KENA PENYAKIT EMBEYEN SUDAH BENGKAK DAN BERDARAH 3 HARI LANGSUNG TURUN BENGKAKNYA DAN KERING TUNTAS JARI-JARI SAYA SUKA KESEMUTAN HILANG DAN TERASA ENAK DAN KENCANG JARI-JARI SAYA ITU SEMENTARA YANG SAYA RASA SETELAH SAYA KOSUMSI SEMOGA REKAN-REKAN DAPAT MENCOBA DARI KASIAT SARANG SEMUT

    • dosis nya bagaimana, seberapa banyak/gelas besar atau mangkok keci, berapa kali konsumsi dalam satu hari ? terimakasih….

  2. assalamu’alaikum
    salam kenal ya ,.
    seneng banget saya bisa baca blog mas tentang sarang semut dan ahir nya saya banyak tau hasiat dari sarang semut ,.kebetulan saya dan kk saya juga konsumsi sarang semut,.
    setelah mengkonsumsi sarang semut alhamdulilah yang saya rasakan badan saya trasa enk dan tidur malam saya sudah kembali normal sprti biasa nya krna sblm nya saya sering banget Insomnia.

    thx. & good luck

  3. saya sementara ini pembeli sarang semut asal pulau seram maluku ( seram bagian timur) kalau mau kita kerja sama harga terjangjau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s