1001 Jalan Kesembuhan

Banyak cara mengobati penyakit untuk menuju kesembuhan. Allah pun telah menjamin bahwa setiap penyakit ada obatnya. Ini bisa menjadi gambaran dan motivasi untuk mengobati sakit, baik ringan atau berat. Jadi Allah memotivasi kita untuk tak pernah mmenyerah dalam mencari kesembuhan. Yang harus diingat, setiap pengobatan yang kita usahakan harus dalam koridor syar’i.

Mengapa Berobat Alternatif?

Dewasa ini banyak orang memakai pengobatan alternatif ketimbang cara medis. Bahkan beberapa waktu lalu pengobatan alternatif ini sempat naik daun. Ada yang sampai terkagum-kagum dengan khasiatnya, karena saat baru pertama kali mencoba langsung merasa hasilnya. Namun di balik semua itu orang memilih untuk berobat alternatif karena memiliki beberapa alasan.

Diantaranya adalah:

  • Back to nature : kembali ke alam. Orang ingin kembali memakai sesuatu yang alami. Apalagi sebagian orang merasa jenuh dan bosan dengan mengkonsumsi bahan-bahan sintesis dan memakai bahan kimia berbahaya. Baik makanan/minuman ataupun obat.
  • Memperkecil efek samping. Oabat alternatif lebih kecil efek sampingnya dibanding obat kimia.
  • Biaya lebih murah ketimbang obat medis.
  • Mudah didapat atau bisa ditanam sendiri misalnya untuk jamu (kunyit, temu giring dan sejenisnya bisa ditanam sendiri). Bisa juga membeli siap saji.

Macam-macam Pengobatan alternatif

  • Jamu

Jamu dibuat dari tumbuhan rempah-rempah yang bisa didapat dengan mudah di sekitar rumah. Biasanya disajikan dengan cara dibuat minuman atau berwujud bubuk instant yang dihaluskan dan siap saji. Jamu olahan bisa berwujud cair atau kering. Jamu yang dikeringkan bisa awet dalam jangka waktu lama.

Obat tradisional ini juga bisa dihasilkan dari tanaman buah/bunga, baik itu digunakan untuk obat dalam/obat luar (luka/keseleo). Baik dikonsumsi langsung atau juga ditumbuk dibuat minuman. Untuk obat luar biasanya dengan cara dioleskan dan diurut. Ada juga obat yang didapat dari binatang.

  • Herba

Saat ini obat-obatan herba banyak diminati. Selain sebagai perpaduan dari thibbunnabawi dan obat tradisional Indonesia. Obat ini juga dilengkapi izin Depkes/LP.POM dan dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. Keampuhan telah banyak dibuktikan. Untuk lebih memudahkan mengkonsumsinya, obat herba ini dikemas dalam bentuk kapsul, bubuk instant ataupun cair.

Pembuatan dari obat herba ini juga dipisah-pisahkan berdasarkan jenis-jenis penyakit dan cara penggunaannya untuk memudahkan konsumen. Harrganya pun cukup terjangkau.

  • Madu

Madu adalah sari bunga yang dihasilkan oleh lebah. Madu dapat dimanfaatkan sebagai obat alami yang memiliki  berpuluh-puluh manfaat. Untuk pengobatan ataupun menjaga stamina. Madu bisa diminum langsung maupun diencerkan dengan air (seperti sirup) bisa juga dicampurkan dalam jamu atau makanan.

Selain untuk obat dalam, madu bisa juga digunakan sebagai obat luar serta menjaga kesehatan dan kekencangan kulit.

Selain jenis pengobatan di atas masih banyak lagi macam pengobatan tradisional lainnya, seperti menggunakan susu kuda liar, susu kambing, inyak zaitun, minyak kelapa (VCO) dan lain-lain.

  • Bekam

Bekam adalah suatu pengobatan yang telah ada pada masa Rasulullah. Saat ini bekam sangat popular dikalangan masyarakat Indonesia. Metode bekam tak ubahnya mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh yang dilakukan pada titik tertentu.

Bekam terdiri atas 2 macam, yaitu bekam kering dan bekam basah. Berbeda dengan bekam basah, pada bekam kering tidak dilakukan penyayatan dan mengeluarkan darah kotor.

Pada bekam basah, orang yang melakukan harus benar-benar mahir agar hasil yang dicapai maksimal, dan agar penyayatan tidak mengenai pembuluh darah/syaraf, serta setelah bekam luka kering, tidak membekas. Kadang sayatan diganti dengan menggunakan jarum khusus. Saat dilakukan bekam basah, tekanan darah harus dalam kondisi stabil. Perlu diingat, semua alat yang digunakan untuk bekam harus dalam keadaan bersih dan steril.

  • Tusuk Jarum

Tusuk jarum diperkirakan telah dikenal masyarakat Cina semenjak ratusan tahun silam. Tusuk jarum adalah suatu metode pengobatan dengan menginjeksi tubuh pada titik-titik syaraf tertentu. Tusuk jarum disebut juga akupuntur. Akupuntur kadang juga digabungkan dengan pengobatan medis.

  • Pijat Refleksi

Metode pengobatan ini juga dikenal luad di tengah masyarakat. Pijat refleksi biasanya memakai alat Bantu berupa tongkat kecil/kayu yang digunakan untuk memijat titik-titik syraf tertentu. Selain untuk mengendorkan syaraf juga untuk memperlancar peredaran darah.

Bagian titik-titik syaraf tertentu yang diperkirakan mengalami gangguan, jika dipijat atau ditekan dengan ujung jari atau kayu pijat akan terasa sakit. Namun jika tidak mengalami gangguan akan terasa biasa saja.

Pijat refleksi bisa dilakukan sendiri. Jika tak tahu mana titik-titik syaraf yang harus dipijat, di took-toko buku dapat kita jumpai dengan mudah. Buku petunjuk cara-cara pijat refleksi lengkap  beserta gambar titik-titik syaraf. Untuk mempermudah pemijatan. Misalnya jika sakit kepala kita bisa memijat bagian sela jari antara ibu jari dan telunjuk, dan seterusnya.

Yang Ini Bukan Pengobatan Alternatif!

Pengobatan alternative di atas hanyalah sebagian dari banyak jenis pengobatan. Namun tetaplah hati-hati memilihnya. Ada banyak jenis metode pengobatan ditawarkan dengan menjanjikan kesembuhan. Ada yang mengaku kyai dengan reputasi penyembuhan ini dan itu, memakai rajah atau menggunakan media binatang untuk memindahkan penyakit, terkadang pula membekali pasien dengan benda-benda yang katanya “sudah diisi” sebagai penolak bala penyakit dan kesembuhan. Na’udzubillah.

Sesungguhnya Allah meminta kita untuk berikhtiar dalam mencari kesembuhan tapi tidak dengan cara-cara yang menjatuhkan kita kedalam kesyirikan. Islam telah memberikan banyak pengobatan. Seperti thibbunnabawi dengan bekam, madu, minyak zaitun dan lain-lain. Sekali lagi, semoga kita tidak terjebak dalam pengobatan tak syar’I, misalnya dengan mendatangi dukun dan sejenisnya. Dan ingat pula untuk selalu menjaga diri baik lahir maupun batin. 

Sumber : Majalah Nikah Vol. 6, No. 11, Feb-Mar 2008, Hal. 5-7.

5 thoughts on “1001 Jalan Kesembuhan

  1. Assalamu’alaikum

    Terimakasih banyak atas segala informasinya,,ana sangat tertarik untuk belajar tentang cara2 pijat rEfleksi….klo anda punya informasi yang lebih detail tentang cara2nya. ana akan sangat berterimakasih…
    syukron

  2. asalamualaikum,,,,,,,,,,,,,
    ana sangat tertarik tentang pengobatan dengan habatus sawda
    habatua sawda ini ada yang masih berbentuk butir,dan ada juga yang berbentuk bubuk.diantara dua itu mana yang lebih baik untuk di konsumsi.
    dan apakah lebih bagus diminum airnya setelah direbus/hanya dalam bentuk bubuk dimakan dalam ukuran sendok makan.
    atas jawabanya ana ucapkan syukran katsirah,

    wa’alaikumsalam warahmatullah
    Afwan….Habbatussauda selain butiran, bubuk & kapsul juga ada yang berbentuk minyak…..ana sarankan konsumsi yang berbentuk minyak karena lebih cepat terasa khasiatnya, barokallahu fiik

  3. ass. wr.wb.
    saya telah belajar akupuntur tetapi rasanya masih kurang , apakah saya dapat belajar lebih banyak lagi tentang akupuntur?

  4. ass. wr.wb.
    saya saat ini sedang belajar ilmu tenaga dalam yang dikhususkan untuk pengobatan. Dalam hal ini banyak sekali pro dan kontra mengenai tenaga dalam ini. yang saya tanyakan bagaimana islam menanggapi tentang ilmu ini…? karena niat saya adalah ingin bisa mengobati aja…dan sampai saat tidak ada namanya doa atau bekal berupa benda…ini murni dari tenaga dalam diri sendiri. mohon tanggapannya, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s