Manajemen Sakit Hati

Hampir setiap orang tentu pernah mengalami sakit hati dalam hidupnya. Baik dalam keluarga, berteman, maupun bermasyarakat. Sebagaimana sifat sedih dan gembira, rasa yang satu ini adalah suatu kewajaran dalam hidup manusia. Apalagi, mengingat manusia adalah mahluk sosial, yang dalam setiap interaksinya tidak lepas dari kekhilafan.

Sebab-sebab datangnya perasaan ini pun bermacam-macam. Dari masalah sepele hingga masalah besar, dapat menjadi pemicunya. Misalnya berawal dari perbedaan pendapat, adanya konflik atau ketidakcocokan, hingga iri dan dengki. Bila perasaan ini dibiarkan terlalu lama bercokol dalam hati, maka tidak sehatlah hati itu. Pemiliknya pun akan stress dan jauh dari keceriaan. Lebih jauh lagi, hal itu bisa menjauhkan manusia dari Rabb-Nya. Na’udzubillaahi mindzaalik.

Bagaimana memenej rasa sakit hati, agar tidak membuahkan dosa dan azab-Nya bagi kita sendiri? Allah dan Rasul-Nya telah mengajarkan kiat-kiat tersendiri yang dapat menjadi penawar, bila diamalkan. Apa sajakah itu?

Muhasabah (Koreksi Diri)

Sebelum kita menyalahkan orang lain, seharusnyalah kita melihat diri kita sendiri. Bisa jadi kita merasa tersakiti oleh saudara kita, padahal ia tak bermaksud menyakiti. Cobalah bertanya pada diri sendiri, mengapa saudara kita sampai bersikap demikian. Jangan-jangan kita sendiri yang telah membuat kesalahan.

Menjauhkan diri dari sifat iri, dengki dan ambisi

Iri, dengki dan ambisi adalah beberapa celah yang menjadi pintu bagi syetan untuk memasuki hati manusia. Ambisi yang berlebihan, dapat membuat seseorang buta dan tuli. Bila tidak dilandasi iman, seorang yang ambisius cenderung akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan ambisinya.

Demikian sifat iri dan dengki. Sifat ini berasal dari kecintaan terhadap hal-hal yang bersifat materi, kehormatan dan pujian. Manusia tidak akan tenang bila dalam hatinya ada sifat ini. Manusia juga tak akan pernah bisa bersyukur, karena selalu merasa kurang. Ia selalu memandang ke atas, dan seolah tidak rela melihat orang lain memiliki kelebihan atas dirinya. Maka hapuslah terlebih dahulu sikap cinta dunia, sehingga dengki pun sirna.

Rasulullah bersabda, “Tidak boleh dengki kecuali kepada dua orang. Yaitu orang yang diberi harta oleh Allah, kemudian memenangkannya atas kerakusannya di jalan yang benar. Dan orang yang diberi hikmah oleh Allah, kemudian memutuskan persoalan dengannya dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)

Menjauhkan diri dari sifat amarah dan keras hati

Bila marah telah timbul dalam hati manusia, maka kadang manusia bertindak tanpa pertimbangan akal. Jika akal sudah melemah, tinggallah hawa nafsu. Dan syetan pun semakin leluasa melancarkan serangannya, lalu mempermainkan diri manusia. Ibnu Qudamah dalam Minhajul Qashidin menyebutkan bahwa Iblis pernah berkata, “Jika manusia keras hati, maka kami bisa membaliknya sebagai anak kecil yang membalik bola.”

Menumbuhkan sifat pemaaf

“Jadilah engkau pemaaf, dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf, serta berpalinglah dari orang-orang yang bodoh.”  Demikian firman Allah dalam Al-Qur’an Surat Al-A’raf: 199.

Allah sang Khaliq saja Maha Pemaaf terhadap hamban-Nya. Tak peduli sebesar gunung atau sedalam lautan kesalahan seorang hamba, jika ia bertaubat dengan sungguh-sungguh, maka Allah akan membukakan pintu maaf selebar-lebarnya. Kita sebagai manusia yang lemah, tidak sepantasnya berlaku sombong, dengan tidak mau memaafkan kesalahan orang lain, sebelum ia meminta maaf. Insya Allah, dengan begitu, hati akan lebih terasa lapang.

Rasulullah bersabda, “Bertakwalah kepada Allah dimana engkau berada, tindaklanjutilah kesalahan dengan kebaikan, niscaya kebaikan tersebut menghapus kesalahan tersebut, dan pergaulilah manusia dengan ahlak yang baik.” (HR. Hakim dan At-Tirmidzi)

Husnudhdhan (berprasangka baik)

Allah berfirman, “Hai orang-orang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka. Sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa. Dan jangalah kalian mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah sebagian kalian menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya.” (QS. Al-Hujurat : 12)

Adakalanya seorang muslim berburuk sangka terhadap seorang muslim lainnya sehingga ia melecehkan saudaranya. Ia mengatakan yang macam-macam tentang saudaranya, dan menilai dirinya lebih baik. Tentu, itu adalah hal yang tidak dibenarkan. Akan tetapi, hendaknya setiap muslim harus mawas diri terhadap titik-titik rawan yang sering memancing tuduhan, agar orang lain tidak berburuk sangka kepadanya.

Menumbuhkan Sikap Ikhlas

Ikhlas adalah kata yang ringan untuk diucapkan, tetapi cukup berat untuk dilakukan. Orang yang ikhlas dapat meniatkan segala tindakannya kepada Allah. Ia tidak memiliki pamrih yang bersifat duniawi. Apabila Allah mengujinya dengan kenikmatan, maka ia bersyukur. Bila Allah mengujinya dengan kesusahannya pun ia bersabar. Ia selalu percaya bahwa Allah akan senantiasa memberikan yang terbaik bagi hambanya.

Orang yang ikhlas akan lebih mudah memenej kalbunya untuk selalu menyerahkan segalanya hanya kepada Allah. Hanya kepada-Nyalah ia mengantungkan harapan.

Nah pembaca, bila anda sedang dilanda sakit hati, cobalah amalkan kiat diatas. Insya Allah, beban hati akan berkurang. Dada anda pun terasa lapang. Insya Allah.

Maraji’ :

  • Minhajul Qashidin. Ibnu Qudamah
  • Minhajul Muslim. Abu Bakr Jabir Al-Jazairi

Sumber : Majalah Nikah edisi 6/I/2002. hal. 32-33

58 pemikiran pada “Manajemen Sakit Hati

  1. Naudzhubilla hi bin syarii dhaliq masa, jika kita sakit hati ma pacar bisa terobatin tapi masya Allah subgguh sakit hati yg ini tak ada obat satu pun. hanya ada obatnya 1 yaitu pada dirinya sendiri

  2. benarkah qt bs memenej hati qt,,
    tp knp bgt sulit,,
    gmn cara memaafkan diri sendiri?
    adakah yg bs mmberi jwban,,,
    aq sdh terlalu lelah mnghadapi sakit hati ini?

    • jangan mau sedikitpun mengeluh, tak ada manfaatnya, lebih baik ambil hikmah di setiap masalah yang terjadi pada diri kita, karena hanya membuang waktu dan tenaga saja. balikkan semuanya dengan melakukan hal2 yang positif yang kita sukai, mulailah dari hal2 kecil yang mudah untuk kita kerjakan, galilah potensi diri walau hanya sekecil semut sekalipun. insyallah secara perlahan anda bukan hanya dapat mengatasi lelah saja tap malah anda akan bertambah semangat…
      semoga sukses

  3. gmn klo’ skit hati ma ka2k sndri, bila kita sdh berusaha berbuat baik tp dy tetap sj tdk pernah menghargai kita
    sebetulnya aq lebih memilih menjauh darinya daripada q skit hati terus kan
    q juga terus berdoa kpd ALLAH agar memberikan q keadilan karena q sdh benar2 lelah
    apalagi kejadian itu selalu berulang setiap saat, setiap detik, setiap jam, setiap hari
    q gak akan prnah berhenti menyayangi ka2kq sendiri, tapi alangkah lebih baiknya bila aq menjauh darinya

  4. Untuk nanda…mungkin saya bisa berbagi sedikit…
    segala sesuatu ga ada yg instant….semunya butuh proses…semua awalnya memang sulit & berat…tapi bukan berarti ga bisa kan…., sabar dan tetap berusaha yah…. :)

    Untuk memaafkan diri sendiri….hhmmm…nanda percaya deh setiap orang pernah melakukan kesalahan….ibaratnya seperti orang yg belajar sepeda pasti pernah terjatuh kan…gitu juga dalam hidup……
    kesalahan itu jangan diinget2 lagi…dilupain aja….anggap itu sebagai pengalaman & pelajaran hidup…cara ngelupainnya adalah….bikin kesibukan setiap hari sehingga ga ada waktu lagi untuk ngelamun dan mengingat2 kesalahan….dengan berjalannya waktu tanpa kita sadari kita udah bisa melupakan dan memaafkan diri sendiri…..ok, semoga membantu…..tetap semangat yahhh…:)

  5. sakit hatiq g prnah hlang…..
    jujur aja bru kali ni q ngrasain sakit hati……uda g bisa hlang, ganggu pastinya…..

    kata ortuq sih kalo bisa jadi orang tu jangan ampe sakit hati, g baik………

    betul apa g?????

    • assalamualaikum…sakit hati ema susah ilangnya tpi hidup adalah sebuah perjuangan yang akan trusss bjalan dan semua dapat dijadikan suatu pelajaran…luka hti g akan prnh ttep akan da bekassnya…ikhlasss..kbhagian sesungguhnya sA’t Qt bsa membuat orang lain bahagia, sa’t qt bza m’fkn oranglain,sa’t qt msih bza trsenym wlo duka,sa’t qt msih nya hrapan dikala smua usha tlah dilakukan…

  6. setiap aktifitas apapun pasti ada resikonya, ada sebab ada akibat…. sedia payung sebelum hujan… mmm… ibarat org pacaran/ taaruf resikonya putus/ ditolak jd kalo mo pacaran hrs siap tuk putus…kalo tdk siap yg jgn pacaran/ taaruf…. mk dg siap menerima resiko pa yg Qta lakukan n slalu berfikir positif insya Allah Qta akan siap menghadapi resko n gak sampe larut dlm maslah tsb…
    af1… aq hanyalah debu telapak kaki….

  7. pepatah mengatakan,,,, jangan coba2 bermain api klo ga mau terbakar,,, klo ga mau tersakiti yaa jangan coba menyakiti orang lain,,, palagi pacaran ….??? siap pacaran siap juga sakit hati.. ya kan. dalam sesuatu sebelum dilakukan yaa dipikir dulu matang2 gitu,,, klo bisa jangan main coba2 klo ga simalakama.

  8. Sedih..Sedih…Sedih..
    iTuLah Y9 kuRasakan SaaT ini,enTah Ku meraSakan KeHilangan 1Bagian TuLang RusukKu y9 tLah Hing9ap dLm jiWaKu..
    Aku sun99uH terHanyut dLm KiSahKu,Entah Hrus Brp DetiK,MeniT,Jam,Hari,MiNg9u,BuLan,Thun…
    Y9 HaRus KuLaLui???
    Ku SlaLu MenCoba TuK men9aHiraUkanYa,Men9AbaikanYa, sTiap Hati n JiwaKu…
    Baik DaLam Grak & LngkahKu…Tp Ku SlaLu MraSa KeHilangan SeBa9ian Rusuk Ku iTu,KuMrasaKan diA jauH Dr HaDapanku,MungKin Tuk sAAt Ini & SLmanya…
    AdaKah MLaikaT y9 kan dTg MeMbentan9kan SayaPnya SrTa mLindun9i Hati n JiwaKu y9 suci ini ???
    SLam Damaian sLALu tuk aKu,Kamu & Dia….

  9. sakit hati manusiawi dan masuk akal, tetapi jangan sampai larut dengan rasa prustasi, karena dibalik semua itu ada hikmah yang terdalam, sakit hati juga memang pahit, tetapi justru obat yang pahit juga dapat menyembuhkan lho…satu kali sakit hati akan ada 2 kali kebagiaan. nikmati, hadapi, hayati lalu syukuri. mintalah pada alloh swt dengan doa yg iklas karena hanya allohlah yang memiliki hti kita semua

  10. Berulangkali ku minum ‘obat’ ini tp kenapa ya reaksinya gak lama? apa krn aku yg gak konsisten meminumnya? mungkin jg ada unsur ‘makhluk Allah y lain’ yg sll menggodaku?
    cape…lelah…sampai kapan ya? Yaa Allah…jangan pernah tinggalkan hamba walaupun
    seringkali hamba sll meninggalkanMU…

  11. Sakit hati..? kecewa..marah..itulah yg selalu mengiring perjalanan hidup seseorang untuk menjadi lebih baik lg. Tidak bisa di hindari tp bisa di mengerti. Dari sakit hati..qt akan belajar untuk ikhlas. Dari marah..qta bisa belajar untuk mengendalikan amarah. Dari kecewa..qta bisa belajar untuk memahami bahwa tdk semua keinginan bisa di wujudkan sesuai dg apa yg qta mau.

  12. lebih sakit gi2 dari pada sakit hati, sungguh tak ingin bernafas lgi rasanya ………………………………………………….sakiiiiiiiiiiiiiiiiiiitttttttttttttttttttttttt

  13. Slow,,! aj, Dunia ga selebar daun Kelor, drpd mikirin yg udah2 apalagi miqrin rasa sakit mending cari xxxx lagi,,, dan yg paling penting Ikhlas n tulus, insya allah smua’à baik2 aj. Okay coy…!

  14. sakit hati mpe skrg msi gw rasain tp ga usa dpkirin, yakin aj smuax pst akn dlalui… Ambil hkmahx aja., kdwasaan s2org ga dliat dr umur tp dr mslh yg dhdpix mdh2n qt bs mjd prbd yg lbh bae amien…

  15. sakit hatiku teramat dalam. tunanganku jahat dan kejam. dia perlakukan aku seperti budaknya saja. kini aku sudah bebas darinya tapi sakit ini selalu menyertai setiap langkahku. kucoba tuk ikhlas tapi kadang rasa ingin membalas itu datang. aku ingin menuntut kaeadilan…………….

  16. sesungguhnya ikhlas itu mudah diucapkan, tapi tidak mudah dilaksanakan. Ketika qt meminta maaf terasa ringan, tapi memaafkan, mengapa begitu sulit ? apalagi jk mengingat kepahitan kepahitan yang qt alami. Tapi selalulah berusaha mengambil nilai positif dari setiap peristiwa yang qt alami. Sesungguhnya Alloh tidak akan memberikan sesuatu dengan kesia – siaan, tapi jika qt dapat mengambil hikmahnya, maka itulah kenikmatan yang Alloh telah berikan pada qt.

  17. sakit hati sekali,apabila kepercayaan disalahgunakan oleh orang yg kita sayangi,dan ia menghianatinya, kepercayaan itu sulit tuk tmbuh kmbali..

  18. Introspeksi diri yg paling penting…. dan berbahagialah org yang sakit hati karena sesungguhnya sakit hati bisa membuat qta introspeksi diri dan bersyukur…..

  19. saking srng skt ht smpi2 nama email sy pun “nyerihate”(bhs sunda)yg artinya skt ht.tp y sdh lah lbh baik d skti drpd menyakiti.dan sy brhrp obat “ikhlas” tak prnh hbs d apotik “sabar”.wlupun mhl yg hrs sy byr dgn tdk “suudzon” dan sll “brsyukur”.

  20. sungguh aku benar2 sakit hati banget entah tak tahu apa yg aku rasakan! aku hanya bisa berdoa dan terus berdoa! kadang aku berfikir dah g penting lagi pacaran, jika jodoh pasti akan datang sendiri…………entah! apalagi sama teman susah banget! sekarang aku baru bisa memaafkan temanku, membuuuuuuutuhkan proses lama sekali giutuy!

  21. kalau lah tak merasakannya langsung, sulit rasanya menduga-duga “bagaimana perihnya hati yang terluka” oleh karena apa pun dan oleh sebab apa pun. pengalaman saya, dengan cara berbagi dengan orang lain tanpa membebani mereka adalah cara yang terbaik. dukungan dari orang yang tepat, ternyata mempercepat sembuhnya luka hati. mungkin, itulah gunanya teman, That’s What Friends are For. termasuk menyimak tulisan ini saya mendapatkan hal-hal baru dan semakin mawas diri untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. untuk tidak sakit hati lagi. terimaksih dan salam :)

  22. seoseorang akan baik jika hatinya baik, kapan kita jadi baik kalo hati kita tidak mau baik, istiqomah selalu untuk menjaga hati,

  23. bagaimana kalau yang menyakiti hati suami sendiri ? saya sudah memaafkan kesaalahan yang lalu tapi sekarang diulangi lagi dengan kesalahan yang sama. Tolong bantu saya

  24. q juga udah hampir 7 tahun mngalami bukan sakat hati tapi trauma, Alhamdulilllah baca artikel ini bwt q makin kuat, jazakillah khair yah,

  25. Bila sakit hati rasa marah..benci..sayg..jdi satu…dan bila kita pasrah iklas..dan memaafkan adalah jalan satu-satunya…buat hati kita terasa lapang akan anugrah..nikmat…bahwa Allah memberikan kita ujian bukan bentuk yang indah saja tapi jg bentuk ujian rasa sakit hati benci…

    Bila kita bisa memaafkan adalah jalan satu-satunya…bahwa kita percaya akan karunia Allah, karunia lain…nikmat lain yang mungkin tidak kita duga….

    Ya…Allah…rasa sakit ini…marah ini..benci..ini…q percaya semua dari Mu…
    dan Q percaya Y Allah…smua bisa jd hal indah di hati q…karna q percy smua dari Mu….

    Y Allahhh…q bersabar..dgn karuniaMu…Y Allah…dan percepatkanlah..hatiq…tuk..menghilangkan luka ini…

    Y Allah…smua jalan hidup ini dari Mu…
    Y Allah berilah senyuman kesejukan kelapangan keiklasan seluas-luasnya yang kan kau berikan…tuk jalan q…

    Y Allah q hanya bisa..berdoa..walo terasa pahit…getir..dan sesak di dada q …tuk mencari keiklasanMu…

    Y Allah…Y Robbi……Alammmmiiiiinnnnn….
    ( Y Allah berilah yg terbaik menurut Mu…menurut engkau Baik… dan terbaik untuk Q )

    • terima kasih, artikel ini sungguh berguna sekali khususnya bagi saya pribadi dan umumnya bagi manusia sedunia yg pernah merasakan sakit hati, sungguh stlh baca artikel ini ati jadi adem dan bikin hidupku terasa lebih hidup.

  26. Postingnya bagus banget n bermanfaat. Next time better
    Salam kenal…Permisi..
    Blogwalking..
    Mampir balik yah.. Tq.. :) Have a nice day

  27. Ya allah yg maha segalanya..betapa sulit sabar dan iklas itu..sering hamba menangis dan bertanya mengapa??? mengapa???? dan kenapa hamba???………..hamba hanya mahlukMu yang tidak akan pernah sempurna dan tidak akan penah luput dari dosa…hamba memohon ampun padaMu ……tapi hati hamba masih saja sakit sakitttttttttttt sekaliiiiii……bagian dari tulang rusukku yang lalu pergi meninggalkan luka sayat yang teramat dalam dan rasa trauma yang berkepanjangan…….Satu satunya harapan hamba juga pergi untuk selamanya meninggalkan dunia fana ini… ingin hamba oergi menyusul harapan hamba yang telah pergi tapi hamba tidak bisa karena hamba takut akan nerakaMu dan hamba mungkin belum berhak kesurgaMu…Hamba masih bisa berharap hidup lebih lama lagi serta menjadi umatMu yang lebih kuat dan kembali tegar karena disamping hamba masih ada kewajiban hakiki hamba kepada orang2 yang masih menyayangi hamba dengan setulus hati..walau sangat sulit hamba masih berharap ada sedikit harapan didalam luka hati hamba yang terlalu parah dan perih yang entah kapan akan terobati Ya allah berikanlah hamba obat dari segala obat yang bisa mengobati segala sakit dan trauma dihati hamba…..amiin…

  28. kenapa mudah mengotori hati tapi gk mudah membersihkannya,
    andai hati bisa dicuci pasti dah Q cuci sabersi2nya!
    Q gk sanggup punya hati yg kotor.
    ALLAH… q gak mau jauh dariMU lantaran hati yg kotor nie,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  29. gmn klo rasa sakit hati kt tak bisa dihapus? apalagi sama keluarga suami yang senag melecehkan, sakit banget…gimn carax spy bs ikhlas…krn sikap dan kata-kata mereka selalu terngiang-ngiang…namanya juga masih sakit…apalagi klo keluarga istri tidak dianggap…rasanya sakit skali…pokoknya sakit banget …raanya pengen cerai saja..krn suami masih menumpang sama orang tuanya maka bertambah komlitlah rasa sakit hati ini…sampai2 sholat sj kayaknya susah….

  30. Bisakah aku memaafkan orang yang telah menghancurkan keutuhan & kehormatan keluarga kami,mungkin orang tuaku sudah menerimanya kembali,tapi aku belum. Orang tuaku boleh termakan kata-kata manisnya,tapi aku tidak karena kesalahan ini adalah yang kesekian kalinya dia lakukan.

  31. gimana klo sakit hati belum juga hilang,padahal kita sudah mengaku memaafkannya, apakah saya tidak termasuk orang yang ikhlas?

  32. buKan q sedih…aku bingung dengan suasana hati ini
    akankah kemana kuadukan rasa ini
    duh Robbi .bilamana hamba ini terlalu hina di hadapanmu
    hanya permohonan maaf ku harapkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s