Khasiat Temulawak dan Kunyit untuk Usir Virus Flu Burung

Dari golongan rimpang-rimpang Anda dapat mengandalkan Temulawak (Curcuma Domestica Roxb) dan  Kunyit (Curcuma Domestica Val). Menurut drh. CA Nidom MS, staf pengajar Fakultas Kedokteran Hewan yang juga Ketua Tropical Disease Diagnostic Center Universitas Airlangga (Kompas 28/9/2005), keduanya mengandung curcuma yang berfungsi sebagai antisitokin. Menurutnya, bila seorang terinfeksi virus Avian Influensa (Flu Burung) maka kadar sitokin dalam tubuhnya bakal meningkat. Kenaikan ini menjadi berbahaya lantaran sitokin bisa merubah oksigen (O2) menjadi peroksida (H2O2) yang meracuni sel-sel paru. “Dengan antisitokin, jumlah sitokin dalam tubuh akan ditekan sehingga produksi peroksida juga berkurang. Akibatnya sel-sel paru bisa dicegah,” jelasnya.

Masyarakat bisa dengan gampang memanfaatkan rimpang ini lantaran tersedia di pasar tradisional maupun pasar swalayan. Temulawak adalah sebutan di Sumatera dan Jawa. Tapi di Sulawesi Selatan dikenal dengan tommon. Di Bali disebut tommo. Sebelum digunakan, rimpang temulawak perlu dibersihkan dari kotoran yang melekat. Lalu kupas kulitnya dan iris tipis-tipis dengan ketebalan 7-8 mm. selanjutnya dikeringkan selama beberapa hari dengan cara diangin-anginkan pada tempat terlindung, tetapi tidak lembab. Atau keringkan dalam tanur pemanas pada temperatur 50-550C, selama 7 jam.

Sementara kunyit yang juga berkhasiat sebagai antisitokin biasa digunakan untuk memberi warna kuning pada makanan. Tanaman ini berupa semak pendek. Paling-paling setinggi 1 m dan tidak berbatang. Tangkai daunnya panjang berdiri tegak, sampai terlihat seperti batang. Pada pangkal akarnya membentuk umbi sebesar 2,5cm x 5cm, yang juga sering disebut umbi induk atau empu kunir. Kulit umbi empu maupun rimpang berwarna coklat kotor, tapi begitu dikupas, bagian dalamnya jingga. Selain sebagai antisitokin, khasiat yang menonjol dari kunyit adalah menyembuhkan radang tenggorokan.

Sumber : Majalah Flona edisi 33/II – November 2005 Hal. 11

4 thoughts on “Khasiat Temulawak dan Kunyit untuk Usir Virus Flu Burung

  1. JANGAN PKE INISIAL DUNK MANGGILNYA…………………………………………………………………………………………………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s