Obati Sakit Dengan Mandi

Mandi yang biasa anda lakukan mungkin sampai detik ini hanya anda ketahui sebatas untuk membersihkan badan, padahal sebenarnya mandi yang menjadi rutinitas kita sehari-hari tersebut 2-3 kali sehari punya manfaat yang lebih dari sekedar membersihkan badan, sekedar penghilang kotoran ataupun keringat saja.

Penelitian terbaru membuktikan bahwa mandi bisa juga menjadikan orang jauh dari stress, meningkatkan system kekebalan tubuh, membantu kulit terhindar dari penyakit seperti eksema dan lainnya bahkan mampu menyembuhkan masalah medis yang tergolong serius.

Suatu studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa penderita diabetes -dengan waktu sekitar setengah jam- berendam dalam bak air hangat dapat diturunkan tingkat gula darahnya sampai 11 persen.

Penelitian terpisah di Jepang menunjukkan 10 menit berendam dalam air hangat dapat memperbaiki kesehatan jantung (baik pria maupun wanita), membantu mereka mengatasi test olahraga dengan lebih baik dan mampu mengurangi rasa sakit.

Apa manfaat mandi dan berapa lama anda sebaiknya mandi agar mandi anda tidak sekedar membersihkan? Ikuti ulasan dan tips berikut ini:

Untuk Mengeluarkan Racun

Mandi air hangat dengan temperature 32-35 derajat celcius mampu membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan toksin/racun. Mandi air hangat juga dapat membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik. Waktu yang dianjurkan adalah selama 10-20 menit.

Untuk Menghilangkan Stress

Jika anda benar-benar menghilangkan stress, mandi air dingin akan menjadi jawaban yang tepat.  Temperature yang dianjurkan sekitar 12-18 derajat Celcius. Mandi air dingi sangat baik meredakan ketegangan.

Untuk Mengobati Eksema

Penyakit kulit tertentu seperti eksema, ruam atau gatal-gatal dengan menambahkan baking soda (Sodium Bicarbonate) ke dalam bak mandi dapat membuat perbedaan besar. Sodium Bicarbonate bertindak sebagai antiseptic. Isi air dengan air hangat kuku, tambahkan kira-kira satu pound baking soda dan aduk sampai rata. Dianjurkan berendam selama 15-20 menit.

Untuk Menghilangkan Infeksi

Infeksi Yeast seperti seriawan dapat dibantu dengan menembahkan tiga atau empat cuka dari sari buah apel ke dalam bak mandi. Ini juga baik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh karena cuka dapat menyeimbangkan kembali asam. Tambahkan pada air hangat dan berendam selama 15-20 menit.

Untuk Mengobati Flu dan Sakit Kepala

Merendam kaki dalam air hangat dapat membantu menyembuhkan flu dan sakit kepala dan juga menyegarkan kembali kaki yang lelah. Masukkan air hangat secukupnya dalam bak sampai menutupi kaki dan pergelangan kaki. Tambahkan beberapa tetes minyak seperti lavender, peppermint atau lemon. Setelah selesai, basuh dengan air dingin. Lakukan selama 10-20 menit.

Untuk Menghilangkan Insomnia/Susah Tidur

Merendam kaki dalam air dingin sangat baik bagi anda yang memiliki masalah insomnia atau mereka yang memiliki masalah susah tidur. Masukkan kaki sampai merasa dingin. Pengobatan ini juga berguna bagi kaki lelah, pendarahan hidung, flu dan sembelit.

Untuk Melancarkan Sirkulasi

 Cobalah merendam kaki secara bergantian antara air hangat dan air dingin jika anda mengalami masalah sirkulasi. Mulai dengan merendam kaki selama satu atau dua menit dalam air hangat, kemudian 30 menit dalam air dingin. Cobalah lakukan selama 15 menit, kemudian diselesaikan dengan air dingin.

Semoga bermanfaat.

 

Sumber : Majalah Nikah Edisi 05/II/2003 Hal. 15

8 thoughts on “Obati Sakit Dengan Mandi

  1. menurut saya mandi memang bisa mencegah kita dari stress yang berlebih, terutama akibat penat setelah seharian bekerja. Saya merasakan sendiri hal tsb, pulang kerja badan terasa letih, pikiranpun kacau dan ngga karuan. Setelah saya mandi malam hari(dengan air dingin tentunya), sekitar pukul8-9an. Setelah itu saya merasa badan saya segar kembali, seolah-olah ada dalam kondisi 100% fit dan pikiran terasa lebih tenang dan segar.

  2. Ping-balik: Obati Sakit Dengan Mandi « Mujahidah Sunnah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s