Berbagai Tanaman Anti Kanker

Pakar obat tradisional, Prof. Hembing Wijayakusuma menyebutkan,lebih dari 40 ribu jenis tanaman obat dimiliki Indonesia. Dari jumlah itu, baru 460 jenis yang bisa dipakai, termasuk tanaman penyembuh berbagai jenis kanker.

Berbagai jenis tanaman anti kanker menurut Hembing, diantaranya temu putih (Curcuma zedoaria), keladi tikus (Typhonium flageliforme), mahkota dewa (Phaleria macrocarpa), tapak dara (Catharanthus rosens), cakar ayam (Selaginella corymbosa), rumput bamboo (Loathatreum gracies), jombang (Taraxacum mongolicum), buah makasar (Brucca javanica), bawang putih (Allium sativum), gaung china (Smilax china), bunga matahari (Helianthus annus), leunca (Solanum nigrum), jali (Coix Lachryma-jobi), bamboo tali (Asparagus cochinchinensis),dan lain-lain.

Selama ini, masyarakat masih sering memiliki kesalahan persepsi dalam menilai khasiat tanaman tradisioanal. Diantara pengguna tanaman tradisional asih ada yang menganggap dengan mengkonsumsi obat tradisional, maka penyakitnya akan cepat sembuh sebagaimana mengkonsumsi obat moderen. Padahal, sifat obat tradisional secara perlahan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak (termasuk akibat kanker), yang pada saatnya nanti sel itu bisa berfungsi normal kembali. Atau dengan kata lain, penyakit itu dapat tersembuhkan, tetapi secara perlahan. Karena itu hendaknya pengguna obat tradisional harus sabar.

Perlu diingat pula, mengkonsumsi obat tradisional juga ada dosisnya. Bila dosis terlalu kecil, penyakit akan lama sembuh, sebaliknya jika terlalu besar, dapat membahayakan tubuh. Tanaman obat juga ada yang beracun sehingga ada tanaman yang hanya bisa dikonsumsi bagian tertentu saja (misalnya hanya daun, akar atau batangnya saja). Tetapi ada pula tanaman yang harus direbus semua bagiannya. Untuk itu, masyarakat Indonesia masih perlu banyak belajar.

Sebagai contoh, untuk meredam pertumbuhan sel kanker, dosis temu putih yang mengandung curcumin dan Ribosome in Activating Proteiu adalah sebagai berikut:

20 gram temu putih dicuci lalu direbus dengan 600cc air hingga tersisa 300cc, lalu disaring dan diminum airnya.

Sedangkan keladi tikus bisa untuk membersihkan darah, dosisnya:

50 gram keladi tikus segar ditumbuk, lalu ditambahkan 2 sendok makan air matang. Peras dan saring, lalu diminum airnya 3 kali sehari. Untuk menghilangkan rasa gatal di tenggorokan, bisa ditambah madu secukupnya.

Demikian beberapa contoh tanaman tradisional yang berkhasiat menyembuhkan kanker.

Sumber : Majalah Nikah edisi 6/I/2002 hal 46

30 pemikiran pada “Berbagai Tanaman Anti Kanker

  1. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Tolong dong, aq dikirimin info mengenai tanaman herbal untuk pengobatan kanker (tumor) payudara!!!
    Please kirimkan ke email saya….!!!
    Sebelumnya makasih. Wassalam.

      • saya bisa hubungi kemana yah. soalnya nenek saya kena. harus diangkat kata dokter. apakah perlu untuk diangkat.??? payudaranya.

    • Mencegah lebih baik daripada mengobati, mengobati lebih cepat daripada menunggu stadium lanjut. Kemarin istri saya terkena benjolan payudara dan hasil diagnosa oleh dokter yaitu gejala tumor. Saya tahu istri agak khawatir dan saya menemui seorang teman yang berprofesi dokter secara informal dan ia mengatakan benjolan belum tentu tumor/ kanker, bisa saja hanya pembengkakan kelenjar dll. dan ia menyarankan obat alternatifnya…ALHAMDULILLAH benjolan kanan-kiri sebesar uang recehan telah hilang dengan hasil scan dari pihak rumah sakit…Anda berminat obat alternatif tersebut? hubungi email kami!!

  2. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Saya sudah bawa artikel mengenai tanaman herbal untuk pengobatan anti kanker, boleh dong saya dikirimin info mengenai tanaman herbal untuk pengobatan kanker (tumor) paru-paru.
    Tolong dikirim ke email saya.
    Terima kasih, Wassalam.

  3. assalamu’alaikum, sebenarnya saya sedang skripsi ttg pasak bumi sbg antikanker, tapi dlm penelitian saya, saya msh bingung ttg dosisnya. apa bs beri saya solusi? karena di artikel anda tdk disebutkan pasak bumi sbg antikanker. jazakillahu khairon.

  4. saya terkena pembengkakan thyroid , kata dokter musti diangkat tapi saya takut dioperasi .. tolong kirim info obat herbal apa untuk mengobati atau mengempiskan thyroid saya tanpa harus dioperasi .. makasih banget

    kebetulan yang mengalami thyroid adalah teman karib saya…..beliau mengalami thyroid sudah hampir kira2 2 tahun…..Alhamdulillah sekarang beliau dapat sembuh dengan ijin Allah Ta’ala…beliau menceritakan bahwa thyroid dapat disembuhkan dengan mengkombinasikan obat dari dokter dan herbal ….herbal yang digunakan teh rosella atau habbatussauda untuk menormalkan kolesterol sehingga obat dari dokter dapat efektif menyembuhkan penyakit tersebut karena apabila kolesterol tidak dinormalkan dulu maka obat tidak akan langsung mencapai sasaran karena terhalangi kolesterol, semoga Allah sembuhkan penyakit mba

  5. kalu untuk sesak nafas obat herbalnya apa ? dan untuk jantung obat herbalnya apa?

    bisa dilihat di info produk ada herbal asma, royal gurah, sarang semut, herbal jantung dll

  6. dok, saya mo tanya. dulu saya pernah di usg, dan kata dokternya ada kista. sktr 4-5 cm. memang katanya sih kista jg mengganggu siklus mens.
    yg mo saya tanyakan, kira2 obat tradisional apa yg mudah ditemukan dan dijual di pasaran yg bisa mengobati kista?
    skrg kalo mens jg cm 2 hr aja, hr ke 3 dah mulai penghabisan, apa itu normal?
    makasih, tlg dibales ke email saya ya

    saya bukan dokter mba…..tapi saya membaca kalp kista dapat diobati dengan sekar malam atau terapai herba kembali gadis

  7. Assalamu’alaikum Wr.Wb
    saya adalah seorang mahasiswi fakultas farmasi disalah satu Universitas swasta di Makassar. saya sedang melakukan penelitian ttg antikanker, tp saya msih bingung. bagaimana mekanisme kerja polifenol sehinga bisa membunuh sel kanker????

  8. Assalammualaikum Wr.wb.

    Saya berumur 45 tahun, menurut dokter saya terkena penyakit radang tenggorokan (Thyroid) akan tetapi gondok saya tidak timbul, saya sudah melakukan test darah dan ternyata T3 dan T4 dibawah normal. Gajala saya yang timbul tidak bisa capek, jantung berdebar-debar, keringatan terus, kaki gemetaran dan berat badan saya menurun 12 kg. Dari dokter saya dikasih obat TPU dan hasilnya agak lumayan akan tetapi apabila saya tidak meminum obat tersebut Thyroid saya kambuh lagi. Dan saya tanyakan apakah menyakit saya ini bisa disembuhkan dengan obat herball ? kalau bisa obat herball apa yang harus saya minum. Terima kasih atas perhatiannya.

  9. minta tolong ni, tanaman tradisional apa yg bs nyembuhin tumor giant cell.
    Sudah pernah operasi tulang belakng. Terimakasih

  10. ass..
    saya pernah menjalani operasi tumor soft tissue pada bagian paha kanan sekitar 3 tahun yang lalu, dan dokter mengambil otot paha saya. dan skrg timbul bengkak lagi pada paha atas saya.

    yang ingin saya tanyakan obat tradisional apa yang baik untuk saya konsumsi dan mohon disertakan dosisnya..

    Terima kasih.

  11. ada gak obat untuk kanker mulut? Sya py pykit kanker yg bersarang di langit-langit mulut sya.dan skrang udh menjalar dipipi sbelah kanan..pliss.!!

    bisa pakai keladi tikus bu….kebetulan langanan kami di lampung sudah mencoba dengan kasus yang sama seperti ibu dan qadarullah berhasil……….

  12. Saya ada benjolan di leher di bawah tenggorokan tepatnya, kadang terasa kaya ada dahak mungkin benjolan ini telah menghalangi tenggorokan saya, saya belum periksa ke dokter karena takut, mohon penjelasannya apakah ada obat herbal yang bisa saya konsumsi ? dan belinya dimana ? mohon dibalas ke email saya aja supaya saya bisa langsung baca.atas pertolongannya saya ucapkan terimakasih.

    bisa dicoba kapsul keladi tikus….

  13. mohon bantuan pengobatan herbal untuk kanker papillary carcinoma thyroid yg diderita istri sy, stlh pengangkatan thyroid kiri, dokter merekomendasikan tuk mengangkat thyroid kanan, lalu diberikan radiasi iodium, krn dianggap dokter telah mdnular, istri sy takut utk di operasi lg dan treatmen tsb, tolong bantuan bagaimana mndptkan obat herbal ini, pls reply ke email saya, terima kasih, andy di medan

  14. prof, ibu saya mempunyai penyakit crste thyroid lobus kiri dan euthyroid lobus kanan, penyakit ini dapatdi sembuhkan atau tidak ??
    jika dapat di sembuhkan,bagaimana cara mengobati penyakit ini dengan cara obat tradisional ??
    terima kasih.
    mohon d balas

  15. mau tanya
    Dibelkng telinga saya ada benjolan segede kacang kedele
    Terus timbul sariawan di gisi bawah
    saya takut trkna kanker mulut
    Sy ga berni priksa ke dokter
    Apa ada obat herbalny
    Mohon dibals trims

    • untuk sariawan bisa diobati dengan madu atau minyak habbatussauda sedangkan untuk benjolan bisa digunakan herbal keladi tikus untuk info lebih lanjut silahkan sms ke 081315649339

  16. assalamualaikum wr,wb
    saya mo nanya , dibawah dagu saya ada benjolan sebesar kelereng dan
    baru ketahuan sekitar februari yg lalu.
    saya ingin periksa ke dokter tapi takut!! dan di tenggorokan saya seperti ada dahak.
    apakah ini gejala kanker ato tidak mohon penjelasannya??
    dan obat herbal apakah yg cocok untuk mengobati keluhan saya ini??
    terima kasih atas perhatiannya.

  17. tolong resep untuk menyembuhkan kista dirahim dgn diameter 1,49×1,5cm. dan perut yg sering kembung.kirim ke email sy

Tinggalkan Balasan

