Manfaat Mahkota Dewa

(Phaleria Macrocarpa)

Mengenal Mahkota Dewa

Termasuk famili Thymelaece. Batang utama bercabang-cabang setinggi 1,5-2,5m, daunnya tunggal berbentuk lonjong, berujung lancip. Buahnya bulat, warnanya merah tua jika matang. Tanaman dari Irian ini tumbuh subur pada ketinggian 10-1.200m dpl.

Khasiat dan Kandungan

Ekstrak daging buahnya berkhasiat sebagai antihistamin, antialergi, bersifat sitotoksik terhadap sel kanker rahim, bersifat hapatoprotektif. Juga menurunkan kadar gula darah, antioksidan, menurunkan kadar asam urat.

Alkaloid, senyawa organic berfungsi sebagai detoksifikasi, menetralisir racun-racun di dalam tubuh.

Saponin merupakan fitonutrien, sering disebut “deterjen alam”. Senyawa ini bersifat antibakteri dan antivirus. Juga meningkatkan system kekebalan tubuh, meningkatkan daya tahan, mengurangi kadar gula darah, mengurangi penggumpalan darah.

Flavonoid berindikasi antiperadangan dan mencegah pertumbuhan kanker. Polifenol berfungsi sebagai antihistamin. Zat lain adalah tannin, sterol, terpen.

Hasil Penelitian

Dra. Lucie Widowati dari Puslitbang Farmasi dan Obat Tradisional-Depertemen Kesehatan. “Saya meneliti mahkota dewa dari tahun 2003,”ujar Lucie. Hasilnya menunjukkan, biji mahkora dewa sangat toksik. Sementara buahnya tidak. Lucie juga menyimpulkan zat dalam buah mahkota dewa meliputi alkaloid, tanin, saponin,, flavonoid, polifenol.

Dalam abstraksi laporannya, Lucie menyebutkan buah mahkota dewa bersifat sitotoksik terhadap sel kanker rahim (sel HeLa) dan sel leukemia. Menurunkan kadar gula darah, menurunkan asam urat. Bersifat antioksidan sebagai scavenger radikal bebas. Juga menurunkan kadar asam urat.

Laporan itu juga mengungkapkan hasil penelitian Vivi Lisdayati dari Departemen Farmasi, Fakultas MIPA UI. “Riset Vivi menyebutkan kalau mahkota dewa dapat menghambat pertumbuhan kanker darah putih sebesar 50% pada larva udang.”

Sedangkan Sumastuti dari Fakultas Kedokteran UGM yang melakukan uji bioassay terhadap sel kanker rahim menarik kesimpulan awal. Ekstrak air buah mahkota dewa dapat menghambat pertumbuhan sel HeLa (sel kanker rahim) dengan Inhibitory Concentration (IC50) sebesar 196,74 mg/ml pada sel kanker orang.

Uji khasiat mahkota dewa sebagai penurun kadar gula darah, juga dilakukan Lucie. Ia menggunakan ekstrak etanol 70% buah mahkota dewa. Hasilnya, pada dosis 110mg/200g bb, kadar gula darah pada tikus bakal menurun.

Untuk melihat pengaruh mahkota dewa terhadap kadar asam urat, Lucie mencatat hasil penelitian Endah Hasturani dari Fakultas Farmasi, Universitas Sanata Dharma pada 2003. penelitian pada ayam jantan jenis lohman brown umur 2-4 bulan. Hasilnya, perasan daging mahkota dewa punya efek antihiperuresemia, dengan dosis tengah 13,16g/kg bb. Jadi dengan dosis diatas kadar asam urat sudah bisa turun.

Untuk menganalisa khasiat mahkota dewa mengatasi eksem, gatal-gatal, penyakit kulit karena alergi, Sumastuti melakukan uji efek antihistamin dengan ekstrak air daun dan buah mahkota dewa. Hewan percobaan dipilih marmot. Hasilnya pemberian 0,5 ml ekstrak dengan konsentrasi 6,25; 12,5; 25; 50; dan 100% dapat mengurangi kontraksi ileum marmot akibat histamine.

Sumber : Majalah Flona Edisi 27/II-mei 2005 hal 13,14 dan 23

Related Post

Teh Mahkota Dewa ” Salama Nusantara “

75 thoughts on “Manfaat Mahkota Dewa

  1. boleh saya tau kira-kira berapa banyak dana yang dibutuhkan untuk meneliti mahkota dewa?
    karena saya mau ambil judul skripsi tentang aktivitas antibakteri terhadap produk mahkota dewa, apakah saya harus bekerja sama dengan perusahaan yang bersangkutan?

  2. karena saya mau ambil judul skripsi tentang aktivitas antibakteri terhadap produk mahkota dewa, apakah saya harus bekerja sama dengan perusahaan yang bersangkutan?

  3. saya seorang penagih ubat xanax. sudah 6 tahun saya mengambilnya. mulanya hanya satu biji 0.5mg sehari; sekarang sudah meningkat 7 biji 0.5mg sehari. soalan saya adakah mahkota dewa ini boleh membantu mengeluarkan saya dari ketagihan ini. kalau ada bagaimana boleh saya mendapatkannya dan peraturan memakannya. di malaysia tidak ada ditok centre untuk ubat prikripsi.

    • sy mo bagi pengalaman saja, saya jg seorang pecandu xanax karena sering merasa pusing hampir setiap hari & sering jantung sy berdebar & nyeri hampir 6bln berturut2 sy mengkonsumsi xanax dlm dosis 0.5mg tapi imbasnya sy terkena gangguan ginjal & hati ahkirnya sy takut unt mengkonsumsi xanax lg, untuk menggantikannya sy rutin pijat reflexy sesuai keluhan sakit sy & minum daun cemplukan 2gelas sehari.

  4. ketika pertama membaca artikel tentang mahkota dewa saya langsung tertarik tuk mengetahui manfaatnya lebih jauh , dari proses pengolahan sampai efek samping yang di timbulkan. adakah yang bisa membantu saya

  5. Saya penderita jantung rematik akut, saya asumsi mahkota dewa dan meninggalkan obat kimia dari dokter, setelah 2 tahun saya kembali periksa dokter bilang klep jantung saya sudah sembuh dan dalam keadaan yang baik.

    efek yang paling terasa selama minum mahkota dewa adalah pengeluaran urine yang sangat sering. saya hanya minum 2 gelas sehari dan setiap ada racun berlebih dari tubuh saya, saya akan mengeluarkan urin lebih dari 5 kali sehari, bahkan kadang sampai 10 kali

    semoga info ini membantu.

    • teimakasih sebelumnya “saya ingin tau bagai mana caranya meracik bagian bagia tanaman tersebut menjadi obat,mulai penyakit ringan sampe yang berat”terutama asma yang di derita orang tua saya yang sudah menahun” saya tunggu kabarnya ” trimakasih..”

  6. saya mau tanya… saya dapat informasi bahwa mahkota dewa dapat memulihkan aktivitas auto-imun menjadi normal (dalam hal ini untuk penderita lupus–SLE). apakah ini benar? bila ya, bagaimana dengan dosis anjurannya?

  7. asslm wr wb adakah rekomendasi yang dapat saya peroleh, untuk dikembangkan dalam thesis saya.
    dari berbagai pembuatan ekstrak mahkota dewa, metode mana yang paling efektif.
    untuk sel kanker lainnya selain sel hela (Ca rahim) sudah pernahkah diteliti (sel ca pencernaan, paru atau yg lain) jazakallohkhoir

  8. saya mau tanya mahkota dewa bisa untuk pengobatan stroke nga? kalo bisa bagaimana pemakaiannya? dan dimana saya bisa mendapatkan tumbuhannya? mahkota dewa sama nga ama daun dewa?

  9. infonya bagus banget…… tapi saya masih agak bingung cara pemanfaatan buahnya gmn…..? coz saya adalah anak jawa yang suka minum jamu tradisional…. pa lagi setelah tau manfaat mahkota dewa dapat mencegah kanker.saya biasa merebus mahkota dewa tapi tanpa mengukur seberapa bannyaknya….tolong kirim ke mail saya ya…. makasih

  10. Saya mau tanya, bagaimana meracik buah mahkota dewa untuk pengobatan tekanan darah tinggi, diabet dan eksim? Saya punya pohonnya dan buahnya sering berbuah, tapi tidak tau cara membuat racikannya untuk dijadikan obat. Mohon informasinya. Tx

  11. Cara mengkonsumsi buahnya dikeringkan atau langsung direbus ya, tolong kasih tahu. soalnya ada yang bilang buahnya mahkota dewa beracun trims.

  12. kalau udah di keringkan, berapa lembar yang digunakan untuk melawan flu / radang saluran pernafasan ….

    nb: bolehkah saya menambahkan blog anda untuk blog saya

    trims

  13. apakah mahkota dewa juga bisa mengobati disfungsi ereksi dan ejakulasi dini? bagaimana cara meracik buah mahkota dewa untuk pengobatan. trims.

  14. yg saya tanyakan klo sudah terkena kanker payudarah bisa hilang tidak klo mengongsumsi buah mahkota dewa.efek samping dari mahkoda dewa klo sering di komsumsi setiap hari?

  15. minum mahkota dewa setiap hari apakah gak ada efek sampimgmya?
    ketergantungan gitu misalnya?
    dosisnya gmn? apakah 1 hari x minum apakah 2x?
    trimkasih

  16. Tekanan darah saya sekitar 90/140. gula darah sekitar 130 dan 150 setelah puasa 2 jam. Umur saya sudah 69 tahun. Sekarang saya sudah diberi dokter obat, sebab menurut dokter sudah diambang. Saya ingin mengganti obat kimia dengan non kimia.
    Dimana bisa didapatkan teh mahkota dewa, bagaimana dosisnya, apa merknya. Mohon penjelasan. Terima kasih.

    ibu bisa sms ke no hp saya di 081315649339

  17. apakah sudah ada penelitian secara ilmiah yang menyatakan bahwa buah mahkota dewa dapat mengobati kanker rahim serta penyakit lain seperti diabetes mellitus?, bila di konsumsi dalam jangka waktu lama apakah ada efek sampingnya bagi organ tubuh yang lain? Tlg dijwb, Ptg. o’ok

  18. Saya punya pohon mahkota dewa sampai buahnya berjatuhan lumayan jumlah nya, tapi tidak bisa mengolah nya, bagaimana memproses agar bermanfaat secara medis maupun secara ekonomi trim atas balasannya dari kamal jember hp 081234 720 xxx

  19. Jika saya ingin membuat rebusan mahkota dewa, pada suhu berapakah yang sesuai untuk rebusan ini dan berapa lama..kerana saya saya bimbang aktif kompoun di dalamnya akan rosak jika tidak di rebus pada suhu yang sesuai atau terlalu tinggi….jika tidak keberatan sila reply melalui emel saya

  20. bagian mana dari pohon mahkota dewa yang dapat dijadikan obat untuk asam urat dan bagaimana sih caranya membuatnya untuk digunakan sebagai obat ?

  21. Setelah saya baca kegunaan dari mahkota dewa, saya ingin tau, apa2 saja yang berguna untuk obat dari mahkota dewa?
    1. bijinya untuk menyembuhkan apa?
    2. Dagingnya untuk apa
    3. daunnya untuk apa?
    mohon penjelasan secara medis

  22. Setelah membaca khasiat dari Mahkota Dewa berdasarkan penelitian tersebut, saya pingin tahu, apakah orang yg tdk ada sakit kanker bisa juga minum teh mahkota dewa itu?

    Apakah ada ukuran utk minum tehnya? Siapa tahu nanti over dosis??? Terima kasih!

  23. bagaimana cara menjemur mahkota dewa yang sudah di rajang,ada yg bilang kalau dijemur langsung dgn terik matahari katanya jadi beracun.
    mohon penjelasannya.
    terima kasih

  24. saya slm ini knsm mkota dw kering yg d cmpur teh hjau,benalu prodks salama nusantara,djual d pasaran kok.dosisny 3x shari 1,5 sdk mkn d seduh air pns pd 2 blm ptm,slnjtny bs d kurangi.sy pnh pny kista stlh knsms bs hlg,klo mau btk,minum g jd btk,jrg skt,alhmdlh.smg bs bnt.

  25. saya mau tanya daun kemukus itu apakah sama dengan godong surah yg dibilang orang jawa ?
    dan apa manfaatnya ?
    tolong krm ke email saya.

  26. saya tinggal di malaysia dan kita ada dua pokok mahkota dewa disini, baru adalah
    buah yang merah. kita sudah banyak dengar tentang manfaat untuk kesehatan dan saya mau tanya lagi, bagaimana caranya, karena kita tak ada penyakit yg berat.

    – bagaimana boleh bikin teh dari daun, berapa daun ambil..jemur dulu?
    – dan bagaimana cara untuk teh dari buah?

    mohon manjelaskan dan terima kasih banyak!
    tolong kirim ke emai sayal

    • cik angela buat apa susah-susah nak fikir.. kementerian kesihatan malaysia dah buat kajian dan dah menghasinlkan berbentuk minuman kopi dan teh yang bukan dari pokok teh atau biji kopi ..dah ada DALAM PASARAN MALAYSIA.. SELAMAT MENCUBA

  27. aku lg bkn tugas TIK ttg mahkoya dewa aq cari2 kok ga’ ada pemanfaatan dari mahkota dewa tlg cariin donk and cantumin ataw kirimin ke email qu

  28. sy tgok mahkota dewa dng mas cotek antara harba yg hebat ini terbukti apa bila sy bagi buah makota dewa kepada seorg teman yg ada bara payudara selapas dia mencuba nya kini dia sebuh sepenuh nya begi tu juga mas cotek yg di gabung 7 jenis org yg mehedap darah tingi dan kecing manis bila meminuh air mas cotek yg di gabung 7 kebali normal ini terbukti 68% yg meguna mas cotek telah sebuh jadi jng lupa tanam la pokok mekota dewa dan pokok mas cotek 7 jenis pokok in amat bernilai dari segi perubatan sy kalau nak tahu lbih banyak

  29. sy tgok mahkota dewa dng mas cotek antara harba yg hebat ini terbukti apa bila sy bagi buah makota dewa kepada seorg teman yg ada bara payudara selapas dia mencuba nya kini dia sebuh sepenuh nya begi tu juga mas cotek yg di gabung 7 jenis org yg mehedap darah tingi dan kecing manis bila meminuh air mas cotek yg di gabung 7 kebali normal ini terbukti 68% yg meguna mas cotek telah sebuh jadi jng lupa tanam la pokok mekota dewa dan pokok mas cotek 7 jenis pokok in amat bernilai dari segi perubatan sy kalau nak tahu lbih banyak tidak rugi menanam pokok mahkota dewa dan pokok mas cotek 2 jenis harba ini ada la raja segala herba

  30. ass…
    sy mempunyai masalah dgn eksim(alergi). Yg ingin sy tanyakan,bisakah eksim atau alergi tsb bs diobati dgn Mahkota Dewa?

  31. Di halaman rumahku ada tumbuh pohon mahkota dewa dengan buah yang lebat dan subur. setiap kali berbuah saya biarkan begitu saja sampai jatuh dan busuk karena tidak tahu bagaimana cara mengolahnya. Apak boleh tunjukan cara mengolah mahkota dewa sehingga dapat di konsumsi?

    • Kalau sering keram makanlah buah nanas1/4 potong selagi perut kosong selama 2 hari siang dan malam, lalu makanlah kemudian seperti biasa.. Insya Allah.. keram nya hilang. Kalau sudah tidak keram lagi dalam sehari berhentilah makan buah nanas, tapi sebagai pencegahan makan buah nanas sehabis makan paling tidak seminggu sekali. ini adalah dari pengalaman sy sendiri..
      Insya Allah..
      Salam

  32. Ping-balik: Membuat Sendiri Teh anti Kanker « Othervisions

  33. dari uraian diatas disebutkan bahwa biji mahkora dewa sangat toksik. Sementara buahnya tidak. Apakah ini artinya apabila biji mahkota dewa terkonsumsi bisa menyebabkan keracunan?
    Soalnya saya baca dari beberapa artikel memang ada beberapa kasus keracunan akibat mengkonsumsi mahkota dewa. Bisa dijelaskan gak apakah itu karena mengkonsumsi bagian tertentu dari tumbuhan ini ataukah karena proses pe-ramuan dan pemrosesanya yang tidak tepat.

    terimakasih atas jawabnya.

  34. Saya ada menanam brbrape pokok mahkota dewa. Saya memproses buahnya. Benarkah biji nya sangat toksik? Apakah ada kesan2 sampingan terhadap penggunaan herba ini. Dan apakah kaedah terbaik memproses nya. Dan apakah dosage yang selamat.

  35. bagaimana dgn penyakit infeksi kelenjar getah bening apa bs disembuhkn dgn mahkota dewa.bgaimana cr nya.tlong infonya.

  36. Misi teman2. …saya ada pengalaman …. ada teman yg menderita kanker pangkreas… dan saya memberinya rebusan mahkota dewa+Benalu batu. alhamdulila setelah kurang lebih 3 bulan kankernya udah hilang n sehat seperti semula…

Berikan Balasan

