Manfaat Buah Mengkudu/Pace

(Morinda Citrifolia Linn)

Mengenal Mengkudu/Pace

Pohon setinggi 3-8 m dengan batang pokok jelas. Daun bertepi rata, berwarna hijau kekuningan. Bunganya berbentuk bonggol diketiak daun. Buahnya berbenjol-benjol tidak teratur. Panjangnya mencapai 5-10 cm. pace tumbuh pada tanah berkapur ketinggian 1.000m dpl.

Kandungan dan khasiat

Scopoletin, senyawa ini berfungsi mengatur tekanan darah. Saat tekanan darah tinggi, scopoletin membantu menurunkan. Sebaliknya bila tekanan darah menjadi rendah, ia akan menaikkannya. Selain berindikasi antibakteri, senyawa ini juga mengatur hormone serotonin, yang membantu menurunkan kadar kecemasan dan depresi.

Morindin, zat ini berkhasiat dalam meningkatkan system pertahanan tubuh. Selain dua zat di atas, pace juga mengandung gum, asam malat, asam sitrat, dan senyawa antiseptic.

Hasil Penelitian

Berdasarkan penelitian, ada sekitar 61 lebih senyawa berkhasiat yang dikandung mengkudu. Mereka bekerja secara sinergis dan misterius. Contohnya, beberapa senyawa yang berperan aktif dalam pengobatan penyakit tertentu, bukan berarti hanya senyawa itu yang berkontribusi. Tapi disokong juga oleh senyawa lainnya. Itulah sebabnya mengkonsumsi hasil ekstraksi satu senyawa bakal berbeda khasiatnya dibandingkan dengan kalau kita menenggak sari buah mengkudu secara keseluruhan.

Katakanlah dalam mengobati tekanan darah. Sari buah mengkudu bisa meningkatkan tekanan darah bagi penderita  darah rendah tapi di lain sisi bisa menurunkan tensi darah bagi penderita hipertensi. Fenomena itu tidak akan terjadi pada buah mengkudu yang diekstrak.

Menurut penelitian dr. Mona Harrison dari fakultas Kedokteran Universitas Bolton, konsumsi sari buah megkudu akan membantu penyediaan hormone xeronine. Xeronine dari mengkudu bekerja secara kontradiktif. Pada penderita tekanan darah tinggi, xeronin menurunkan tekanan darah menjadi normal. Pada penderita tekanan darah rendah, mengkudu meningkatkan tekanan darah darah. Dengan kata lain, sari buah mengkudu berfungsi sebagai adaptogen, penyeimbang fungsi sel-sel tubuh.

Efek kontradiktif buah mengkudu juga telah diteliti oleh Y. Murati (1981) dari fakultas Kedokteran UGM. Perasan daging buah mengkudu memberikan perubahan sangat berarti pada jantung, yaitu menurunkan kekuatan kontraksi otot jantung, menurunkan kecepatan denyut jantung dan menaikkan jumlah aliran darah koroner jantung setiap menitnya.

Uji praklinis pada tungkai bawah kucing menunjukkan pengaruh hipotensif, yaitu menurunkan tahanan aliran darah (vasodilatasi) pembuluh darah tungkai bawah kucing tapi juga mempunyai efek hipertensif. penelitian oleh A.M. Djojosugito dkk. (1975-1976) itu menunjukkan, dalam sari buah mengkudu setidaknya terdapat dua komponen yang bersifat berlawanan.

Dalam penelusuran Luki yang pernah mengenyam pendidikan farmasi di Bandung, sari mengkudu juga mengandung scopoletin. Salah satu fungsinya, membersihkan endapan penyebab arteroklerosis dalam pembuluh darah. Dengan demikian, pembuluh darah menjadi lentur sehingga kerja jantung memompa darah tidak begitu berat.

Hasil penelitian F.H.A Dwiyanto (1996) dari Fakultas Biologi UGM, Hadinoto dkk. (1993) dari Jurusan Farmasi UNHAS dan I. Jumiati (1997) dari Fakultas Kedokteran UGM, buah pace mempunyai efek menurunkan kadar glukosa darah tikus putih. Mekanisme kerja hipoglikemik melalui hambatan absorbsi glukosa pada usus dan meningkatkan sekresi insulin.

Jadi kerja buah mengkudu tidak langsung menurunkan kadar gula dalam darah. Melainkan meningkatkan insulin yang mengatur keberadaan gula dalam darah.

Pace juga mengandung antiseptic dan antibakteri pathogen yaitu Eschericia colli, Salmonella dan Staphylococcus aureus. Hal ini diperkuat oleh penelitian Ester (1992) dari Fakultas Farmasi UGM.

Anne Hirazu,I dalam tesis doktornya membuktikan bahwa mengkudu matang mengandung gum arab dan berbagai jenis glukosa yang punya daya antitumor dan menstimulir kekebalan tubuh. Aerta mengandung senyawa aktif merangsang kelenjar pineal mengeluarkan serotonin dan endorphin (morfin tubuh). Makanya mengkudu sering digunakan dalam terapi narkoba.

Sumber : Majalah Flona edisi 27/II-mei 2005 Hal. 16 dan 22

83 thoughts on “Manfaat Buah Mengkudu/Pace

  1. Ping-balik: Manfaat Buah Mengkudu/Pace « Welcome To Blog Doharta

  2. Ya alloh,. Alloh menurunkan setiap penyakit lengkap dengan obatnya, jadi g ad critanya sakit g bs diobati. Manusia dianugerahi akal untuk berfikir mencari obatnya.. Dan perlu di ingat, alloh tdk menjadikan obat dari sesuatu yang haram(darah,alkohol,dll)!! Yang HARAM tetap HARAM tidak akn pernah menjadi OBAT!!

  3. Maaf dalam buah mengkudu tidak terdapat Xeronine ,tapi enzim yang disebut enzim proxeronase dan suatu alkaloid proxeronine . Dimana jika kita memakan buah atau meminum jusnya, maka didalam dinding usus enzim ini akan mengubah proxeronine menjadi zat aktif xeronine yang akan diserap ke dalam aliran darah menuju ke semua sel dan akan mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan membentuk sel yang aktif. Dengan pengaktifan protein maka produksi antibodi berlangsung baik, karena faktor penyusun utama antibodi adalah protein. Xeronine juga mampu mengurangi proses alergi, mencegah terjadinya penyakit autoimun dan penyakit asma (Bangun, 2002).

  4. saya sempet berprasangka buruk ama seseorang (si A) krn dia menganjurkan ke tmn saya (si B almarhum) minum jus dari buah mengkudu dipekarangannya untuk ksehatan sedangkan (si B) mempunya darah rendah yg mengakibatkan pingsan ditengah jalan dan akhirnya meninggal setelah beberapa minggu dirawat di RS (smoga amal ibadahnya diterima disisi-Nya) emang sih gada hubungannya mengkudu dan meninggal tp saya masih menggap pingsannya dia(si B) diakibatkan darah rendah dan minum jus tsb krn banyak temen yg meminum mengkudu itu smuanya mempunyai darah tinggi. yang ingin saya tanyakan apakan penderita darah rendah aman untuk mengkonsumsinya…??? karena hampir smua artikel yg saya baca tidak ada yang menguji coba ke penderita darah rendah. mohon pencerahannya teimakasih.

    • maaf .. tapa saya pernah baca artkel dan sekarang n juga mengadakan penelitian masalah mengkudu . .. dan ternyata dalam mengkudu ada zat yang bersifat antagons ,, setelah di uji coba pada hewan (menurut penelt dari amerka) menkudu daat menurunkan hiertensi menjad normal,ta tdak bisa membuattekanan darah normal menjad hipotensi .. .

    • TIDAK DIPUNGKIRI MESKIPUN PACE BISA BERFUNGSI SEBAGAI ADAPTOGEN TETAP SAJA EFEK SAMPING YANG BERVARIASI. UNTUK ITU SAYA MEMPRODUKSI PACE SINERGI DENGAN HERBA-HERBA LAIN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PACE ATAU MAKSIMAL DISERAP TUBUH DAN MENCEGAH TIMBULNYA EFEK SAMPING DARI BUAH PACE SEPERTI ALKOHOL

  5. subhanallah.. berkali – kali kita menyebut namaNya, karna segala yang ia ciptakan lebih menabjubkan dari ciptaan manusia itusendiri. pernah saya melihat satu pengalaman temen saya, namanya Fatimah. suatu ketika dia batuk- batuk sampai mengeluarkan darah, menurut diagnosa dokter dia positif suatu penyakit paru -paru, kemudian dia diberi – beri resep obat yang begitu rumit dan mahal sekali, saya sampai kasihan melihatnya. dengan harapan bisa sembuh dari penyakitnya ia tebus resep itu. setelah sebulan lebih meminum obat tidak ada perubahan pada keadaannya selain tambah kurus. tapi kemudian ia dapat resep dari salah satu teman ibunya, yaitu disuruh meminum sari mengkudu/ pace yang sudah masak segelas dalam sehari. alhamdulillah, dengan idzin Allah dalam waktu kira – kira dua minggu keadaannya membaik bahkan bisa dikatakan sembuh.

  6. istri ku terkena penyakit lupus atw SLE setelah aku googling buah mengkudu bisa menyembuhkan tapi tidak di jelaskan gimana komposisi nya dan apa nya mengkudu yang di pakai,disini saya mohon tuk bisa memberi tahu saya,komposisi dan aturan pake buah mengkudu untuk penyakit lupus

    terimakasih..

  7. Subhanallah…. Sudah multi khasiat, nanamnya mudah lagi! Bisa hidup dimana-mana dalam lahan bagaimanapun. SUngguh kemurahan dari Allah yang disediakan bagi umatnya yang cerdik dan tidak malas untuk mencari upaya kesehatan. Ingat, menjaga kesehatan diri sama artinya menjaga ciptaan-NYA. Jalankan terus demi kesehatan kita! Mengkudu is the best!!!

  8. Subhanallah….saya sendiri telah merasakan merasakan khasiatnya melalui kebaikan hati seorang teman yang kebetulan adalah seorang peneliti di Batan maka saya dapat menikmati sari buah mengkudu yang telah difermentasi tanpa pengawet n sekarang saya telah terbebas dari diabet n tumor yang ada dalam tubuh saya n sungguh Allah Maha Mengetahui apa apa yang tidak kita ketahui

    • Alhamdulillaah, terima kasih ya sdr/sdri enietw atas info mengkudu untuk obat diabetes. cara memfrementasi mengkudu itu bagaimana? saya biasa minum juice nya saja . semoga Alloh membalas kebaikan sdr/sdri enietw. Amin.

    • Ibu saya menderita penyakit tumor dan darah tinggi, setelah berobat ke dokter sampai saat ini tidak ada kemajuan.Sekarang ini Ibu saya dianjurkan minum sari buah mengkudu dan sudah saya lakukan selama kurang lebih 2 minggu.yang menjadi pertanyaan saya berapa lama Bp./Ibu mengkumsumsi sari buah mengkudu itu ?

      Terima kasih, dan mohon dibalas.

  9. percaya dan yakin bahwa mengkudu/noni itu bisa menyembuhkan, insya’allah sembuh dengan cepat. seperti teman kerja swami sy yang menderita penyakit empedu,setelah dibawa ke RS XXX di kaltim selama berbulan-bulan dan hanya dikasih obat-obatan yang tiap bulan ganti obat,dengan alasan tidak cocok obat,hingga akhirnya beliau muntah2 tanpa henti,dengan tubuh berubah menjadi kuning,kemudian dirujuk ke RS XXX di surabaya dan dilakukan oprasi pada hari itu juga.di RS tsb beliau 1 ruangan dengan seseorang yang menyarankan unt minum sari mengkudu,setelah dilakukan selama 2minggu “maha besar ALLAH” beliau sembuh total dan lukanya sudah kering tanda minum obat2an pasca opr…

    begitu juga dengan teman swami sy yang lainnya,beliau telah menjalani oprasi ambeyen,dan bekas lukanya jadi bolong dan mengeluarkan banyak nanah,dan itu g sembuh2.setelah beliau disarankan oleh bpk yg oprasi empedu tadi untuk konsumsi sari mengkudu/noni beliau menggunakannya bukan hanya dari dalam tapi dari luar juga,dikompreskan. 2 minggu kemudian nanahnya tdk keluar lagi dan yang paling mencengangkan lubangnya itu tertutup dengan cepat…….!!!

    trus istrinya yang oprasi ambeyen itu sering sariawan,trus minum noni itu tadi eeehhh 2hari sariwannya keluar smua tapi g nyeri dan setelah itu g penah sariawan lagi,dan polip-nya hilang total,g pernah bersin-bersin lagi tiap pagi g pernah pilek2 lagi.

  10. Alhamdulilah , Obat atau apapun memang hanya perantara. tapi Allah yang meyembuhkan.
    dua tahunl lalu, saya kena typus dan di rawat dua minggu di RS. diagnosa dokter bilang karna berat saya overweigt 85 kg tinggi 160 m. ada beberapa penyakit daintaranya kolesterol tinggi 230, penyumbatan darah kejantuing (belum koroner) denyut nadi cepat, dan mengarah ke darah tinggi 140 per 100.setelah pulang dari dokter saya yang ingin sehat maka dengan info media dan majalah saya minum jus mengkudu selama 2 tahun sampai sekarang seminggu 2 x bahkan saya sudah ketagihan kalo ngga minum. alhamdulliah ketika gen cek up.darah normal, denyut normal, kolesterol normal, dan berat badan turun jadi 75 kg. amin….

    • mengkudu yang matang berwarna kuning dan empuk bisa dirujak gula , begitu bila nenek saya makan. Rasanya khas mayan enak.
      Ekstrak mengkudu di botolkan rasanya sepat, baunya keras tidak seperti buah segar mengkudu yang agak wangi.

  11. Baru 1 minggu saya mengkonsumsi sari buah menkudu dg cara Buahnya saya juice & saring busanya hanya mengambil sari dari air mengkudu, hasilnya tubuh segar & jerawat saya jadi kering . Teman malah minum Noni Tahitian juice semua penyakitnya bablas … tapi harganya lumayan nguras kantong sich !!

  12. ass.wr.wb
    saya mau tanya, bagaimana cara mengolah mengkudu yg baik dan khasiatnya tidak berkurang…? lalu mengkudu yg bagaimana yg bisa kita olah…?

    terimakasih

    salam

    sjaiful bachri

  13. saya dulu pernah mengalami tumor di bagian puting dan setiap disentuh atau ditekan sakit sekali kemudian saya meminum juice mengkudu selama 1 bulan dan hasilnya puji tuhan….saya sembuh dan sampai sekarang rasa sakit tersebut sudah tidak kambuh lagi.
    hal ini nyata dan tidak saya rekayasa bagi saudara-saudari yang mengalami penyakit tidak ada salah nya mencoba juice mengkudu karena buah tersebut bisa dikatakan buah anti seribu macam penyakit. trims

  14. pengolahan buah mengkudu yang baik yaitu dengan cara di parut, di blender, di juicer dan jangan di rebus karna akan menggurangi kadar antibiotik dalam buah tersebut

  15. assalamu’alaikum wr. wb

    bagimana cara mmengolah buah mengkudu supaya bisa mengobati penyakit gatal di sekitar dubur/alat kelamin?mohon jawabannya dikirim ke alamat email:vdackerz@rocketmail.com.

    terima kasih banyak atas jawabannya….

    wassalamu’alaikum wr. wb

  16. tugas nie……………..g buat KTI tentang buah mengkudu buat penyakit hipertensi…………
    gimana ni pendapat para penderita hipertensi yang mengkonsumsi jus mengkudu…………..ku mhonbaget bantuannya ea.makasie ea pada pihak2 yang udamau bantuinaku………….

  17. Saya penderita hipertensi tapi membuat jus buah pace setiap pagi 30 menit sebelum sarapan Alkhamdulillah saat ini saya dapat berktifitas dengan baik dan bugas, pada saat kondisi perut kosong jus pace akan bekerja untuk melakukan perlindungan dan menetralisir makanan – makanan yang mengandung lemak sehingga daya serapnya lemak jadi lebih sedikit, juga yang paling utama adalah mendekatkan diri oada Alloh Swt denga jalan sholat tahajud untuk memohon ridho dan ampunannya, Salam untuk semua saudaraku !!!! JANGAN PERNAH PATAH SEMANGAT UNTUK HIDUP SEHAT DAN BAHAGIA DARI DUNIA SAMPAI YAUMIL QIYAMAH NANTI AMIN….AMIN

  18. assalamualaikum wr wb, mbak mas tolong dong kirimi e-mail tentang gimana caranya bikin obat dari sari buah mengkudu, dan apa aja campuranya, terima kasih,
    wassalamualaikum wr wb

  19. Emang, Allah menciptakan pohon itu beserta manfaatnya.SubhanaAllah…….
    Aku kagum padaNya.Kita harus menjaga ciptaan Allah dengan baik.Janganlah kau rusak dia.Sebagai mana firman Allah……………………….

  20. Bagaimana cara pengolahan buah mengkudu untuk penyakait darah tinggi, diabetes dan asam urat, yang sudah saya lakukan setiap hari yaitu membuat jus buah mengkutu tanpa membuang biji di dalamnya, apakah pengelohan seperti itu sudah benar? atau hanya memblender daging mengkudu saja dan bijinya di buang, dan mana yang lebih bagus membuat jus mengkudu sendiri, atau mengkomsumsi Jus yang sudah jadi atau di beli di mall? mata saya suka kabur apa lagi kalau di kedip kedipkan rasanya kayak ada lem di kelopak mata saya, apa bisa juga di obati dengan buah mengkudfu ini..? mohon informasi nya, Trims

  21. Aku juga punya pengalaman dengan buah pace, kebetulan saya [punya penyakit ASAM URAT, KOLESTEROL TINGGI dan HIPERTENSI], setelah minum buah Pace yang saya olah sendiri (caranya : ambil airnya ditambah dg jahe, kunyit, kapulogo, cengkeh, daun sereh, dan kayu manis setelah itu direbus –> diminum setiap pagi setelah bangun tidur dan 1/2 jam berikutnya jangan makan apapun) rasanya PENYAKIT ITU HILANG dan BADANNYA SEGER, FIT dan SEHAT.
    Siapa yang berminat silakan Coba Resep Saya, semoga SEHAT SELALU !

    • Bagaiman teman2, karena ada pendapat lain, bahwa “Jangan direbus” karena jika firebus akan mengurangi kadar anti biotik dalam buah mengkudu.

      Jadi sebaiknya direbus atau tidak ? mohon tanggapannya.

  22. saya telah membaca artikel bapak secara keseluruhan mengenai buah mengkudu,tp saya sedang binggung bagai mana takaran dalam pembuatan karna saya takut bila mana melebihi takaran akan berdampak buruk,mohon kira nya bapak mau menjelaskan kepada saya komposisi yang baik bila ingin membuat jus untuk obat.terima kasih wassallammualaikum,wr.wb

  23. saya menderita vertigo,darah rendah,lemah jantung,apakah aman mengkonsumsi sari buah pace dg cara diparut lalu diber air sedikit dan diperas, mohon bantuannya jazakillah

  24. SUBHANALLOH…mengkudu trnyata byk manpaatnya!!! sy jd fallin in love berat sm mengkudu, apakah mengkudu bs di jadikan obat unuk menghilangkan ketombe? mohon pejelasannya

  25. Satu yang perlu kita ingat disaat menderita sakit adalah terus berusaha dan berdo’a.
    Karena obat itu hanya perantara, dibalik itu ada kuasa Allah yang menyembuhkan.
    Ada yang sembuh karena obat A ada juga yang sembuh karena obat B padahal penyakit tersebut jenisnya sama.
    Itulah kuasa Allah…

  26. tks y infonya..
    aku baru mau coba mengkonsumsi buah ini.. walau nggak sakit..
    tp banyak orang bilang, mencegah lebih baik drpd mengobati ..

  27. Assalamu’alaikum wr wb…
    Saat ini saya tngah mengalami sakit yg luar biasa di bgian pinggang sblh kiri dan kadang menjalar sampai ke betis
    .

    Sudah pernah rontgen dan kata dokter ada sedikit gangguan di lumbal atau tlg blkg.
    Sehingga utk dpt berdiri tegap saja saya akn merasa kesulitan krn menahan nyeri tsb. Akhrnya saya sdikit membungkuk jika berdiri dan tdk kuat utk brdiri dlm wkt yg agk lama. Utk saat ini saya tengah melakukan fisioteraphy di sbuah RS tp blm kliatan kemajuannya

    Apakah dgn mengkonsumsi sari buah mengkudu ini dpt menyembuhkan sakit yg sdg saya alami?
    Pernah saya jg saya mendengar tentang produk Noni Tahitian Juice, tp memang harganya lumayan mahal utk ukuran saya.

    Apakah ini yg di namakan syaraf kejepit?

    Mohon bantuan infonya jika Anda berkenan.
    Mksh sblmnya.

    tp blm kliatan kemajuannya

    Apakah dgn mengkonsumsi sari buah mengkudu ini dpt menyembuhkan sakit yg sdg saya alami?
    Pernah saya jg saya mendengar tentang produk Noni Tahitian Juice, tp memang harganya lumayan mahal utk ukuran saya.

    Apakah ini yg di namakan syaraf kejepit?

    Mohon bantuan infonya jika Anda berkenan.
    Mksh sblmnya.

    tp blm kliatan kemajuannya

    Apakah dgn mengkonsumsi sari buah mengkudu ini dpt menyembuhkan sakit yg sdg saya alami?
    Pernah saya jg saya mendengar tentang produk Noni Tahitian Juice, tp memang harganya lumayan mahal utk ukuran saya.

    Apakah ini yg di namakan syaraf kejepit?

    Mohon bantuan infonya jika Anda berkenan.
    Mksh sblmnya.

    tp blm kliatan kemajuannya

    Apakah dgn mengkonsumsi sari buah mengkudu ini dpt menyembuhkan sakit yg sdg saya alami?
    Pernah saya jg saya mendengar tentang produk Noni Tahitian Juice, tp memang harganya lumayan mahal utk ukuran saya.

    Apakah ini yg di namakan syaraf kejepit?

    Mohon bantuan infonya jika Anda berkenan.
    Mksh sblmnya.

    tp blm kliatan kemajuannya

    Apakah dgn mengkonsumsi sari buah mengkudu ini dpt menyembuhkan sakit yg sdg saya alami?
    Pernah saya jg saya mendengar tentang produk Noni Tahitian Juice, tp memang harganya lumayan mahal utk ukuran saya.

    Apakah ini yg di namakan syaraf kejepit?

    Mohon bantuan infonya jika Anda berkenan.
    Mksh sblmnya.

    tp blm kliatan kemajuannya

    Apakah dgn mengkonsumsi sari buah mengkudu ini dpt menyembuhkan sakit yg sdg saya alami?
    Pernah saya jg saya mendengar tentang produk Noni Tahitian Juice, tp memang harganya lumayan mahal utk ukuran saya.

    Apakah ini yg di namakan syaraf kejepit?

    Mohon bantuan infonya jika Anda berkenan.
    Mksh sblmnya.

  28. Alhamdulillah, ternyata mengkudu juga bermanfaat untuk memperbaiki pola tidur anakku yg autis, skr dia bisa tidur lebih cepat dan teratur.

  29. halo, saya ingin tanya, apakah orang yang menderita gula darah bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi buah mengkudu, bagaimana teknik yang baik dalam mengkonsumsi buah mengkudu, ? berapa kali minum jus mengkudu dalam sehari untuk yang menderita gula darah tinggi dan untuk yang menderita hipertensi, terima kasih..
    saya tunggu jawabannya di email saya;
    thanks for kindness

  30. Ketika saya tulis koment ini,,saya baru saja,,mengkonsumsi buah mengkudu karena adanya batuk yang saya alami,(gejala flu),tadinya rasax tiap menit saya batuk namun setelah saya makan mengkudu ini,,subhanallah,,langsung berkurang,,yang tadinya tiap menit batuk berulang-ulang ,,kini ,,batuknya,,dlm 5 mnit cmn sekli doang,,luar biasa,,saya langsung makan saja itu mengkudu,,karena saya sudah tahu manfaatnya,,meskipundulunya saya juga gak suka baunya tp ini obat bikin bukti,,,,Alhamdulillah.

  31. wah, ternyata zat yg terkandung dalam pace hebat bener ya.. Dan aku sdh membuktikanya sendiri. 2 minggu lalu aku terkena wabah cacar air. Atas dasar saran org tua aku mengkonsumsi jus pace yg aku buat sendiri. Tak lebih 3 hari cacarku sembuh, jadi belum ada bopeng banyak. Dan sampe skrg aku mengkonsumsi jus pace sehari sekali untuk menjaga kondisi tubuh.

  32. yang terhormat kpd penulis,sy mohon pnjlsn mngenai cara pngolahn,untk mndpt kn sari buaah mngkudu trsbt,jg brp takaran pnggunaanya,,trmz,….

  33. assalamualaikum wr wb

    obat saraf terjepit
    1.daun tempuyung ,lada putih,jahe,jahe merah kumis kucing daunnya,daun meniran laos/lengkuas direbus dan minum airnya +- koposisi sama dalam perbandingan berat

    hindari makan emping,jengkol,daging terutama jerohan

    pijat refleksi
    ini daerah yang dipijat dengan jari saja

    no. 22.23.24.15.16.17.13.54.55.53.7.10.11.35.60..46.47.48.( lihat di peta telapak kakiakupuntur)
    ( ginjal,saluran kencing,kandung kencing,lambung,pankreas,usus 12 jari,kelenjar paratiroid,tulang punggung,lutut,sendi siku,rahang bawah,rahang atas,sendi pinggul…semoga bermanfaat dan cepat sembuh
    wassalamualaikum wr wb

  34. Assalamu’alaikum..stlh membaca ttg khasiat mengkudu ak jd tertarik mencoba bt adiku yg lg skt kanker usus besar..tp bgm cara mengolah dan konsumsi yang benar?blhkah dikonsumsi saat menjalani kemoterapi?sedangkan usus belum disambung?mohon penjelasanya,terima kasih sebelumya.wassalam

    • Ambil 1 bh Pace yg udah matang. kalau buahnya belum matang, ambil yg sdh tua lalu dieramin dalam wadah kering dan ditutup selama +- 2 h. caranya olah: buahnya di blender pakai sedikit air matang sampai halus lalu disaring ambil sarinya saja. lalu tuangkan kedalam botol dan dikukus. selama 30 mnt. hasil olahnya dapat disimpan di kulkas. pada saat minum campurkan madu asli sesuai selera dan tambah jeruk nipis. diminum pagi hari sebelum makan dan malam hari sebelum tidur. lakukan setiap hari. semoga cepat sembuh.

  35. assalamualaikum,…..semoga tulisan ini bermanfaat bagi para saudara semua…..

    Tips Cara membuat jus mengkudu/sari buah :

    1. Ambil buah mengkudu 15 sampai dengan 20 buah yang sudah matang ciri warna kuning putih
    pucat.

    2. Kemudian diperam supaya empuk kira2 maksimal 2 hari ditempat plastik tertutup lebih cepat
    sampai berwarna kecoklat-coklatan sedikit benyek berair dan bau agak menyengat.

    3. Setelah itu lalu diris-iris lalu setelah jadi seluruh irisan di tempatkan diblender dengan diberi air
    secukupnya kemudian langsung blender sampai lumat kira2 1/2- 1 menit saja.

    4. setelah lumat biasanya saya siapkan panci ukuran sedang yang sudah berisi air 1/4 nya dan
    semua jus mengkudu tersebut dimasukkan dan direbus sampai airnya mendidih.

    5. Biarkan mendidih sampai berbusa-busa dengan api kompor sedang sehingga biji,busa kita
    singkirkan pakai sendok tinggalkan airnya sampai kira2 pas dalam 2 botol aqua besar dan
    didinginkan selama 1/2 jam.

    6. Siapkan panci penyaring (panci almunium biasa untuk memeras parutan kelapa) untuk
    menyaring airnya dan memeras jus buahnya biasanya daging yang lembut juga ikut ke air
    perasan yang berwarna coklat kemerahan /merah bata.

    7. Tempatkan di wadah yang bersih/misal botol bekas aqua atau di bekas sirup marjan supaya
    dapat disimpan lemari es,…..minum dengan sesendok sirup/ madu lebih joss……

    Ini pengalaman yang sudah saya uji coba berulang kali, saya betul2 merasakan khasiat manfaat nyatanya dan gizinya juga gak hilang koq…..Monggo silahkan mencoba tips dari saya nggak kalah sama yang dijual dipasaran…………mudah2an bermanfaat……Wassalam….

  36. Sebenarnya bnyk manfaat tanaman obat yg ada diindonesia khususnya mengkudu bagi org2 yg mengetahui dan mau menggunakan utk kesehatan /pengobatan penyakit. Hal tsb bs diketahui dari membaca artikel2 spt ini. Besar jasa yg menulis bagi org yg membutuhkan dan utk ilmu pengetahuan khususnya pengobatan . Mudah2an semakin bnyk yg bs di tulis tentang tumbuhan/tanaman obat yg tentunya dg akurasi yg baik (berdasar pengalaman&penelitian).amin

  37. Assalamualaikum teman saya menderita sesak nafas terutama terjadi pada malam hari, diagnosa emfisema herediter …pertanyaan saya apa bisa sembuh dengan mengkudu

  38. Saya pengemar mengkudu!sy sdh merasakan khasiatnya buat menurunkan tekanan darah tinggi!tp mengapa lambung saya sakit?krn sy jg sdg mengalami penyakit gerd!apakah pace tdak bs nyembuhkan penyakit maag?mksh

  39. sangat berkhasiat
    yang sangat saya suka adalah: mengkudu bisa menjaga dan menormalkan tekanan darah. sudah banyak yang menyediakan dalam bentuk ekstraksi kapsul, jadi kita tidak perlu enggan lagi mengkonsumsi karena sudah tidak mencium aroma mengkudu yang khas itu, hueheh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s