Khasiat Tanaman Kencur

Jamu merupakan produk tradisional Indonesia yang cukup digemari. Salah satunya jamu beras kencur. Bahan utamanya kencur, ditumbuk bersama beras dan sedikit gula, ditambah air sebagai pengencer. Rasanya memang sedap. Khasiatnya? Jangan tanya, beberapa saat setelah meneguknya penat dan nyeri-nyeri di badan hilang. Insya Allah tidak terasa capek lagi, fresh!

Lagipula masih ada lagi khasiatnya, nafsu makan bertambah, peredaran darah terasa lancer, walhasil tenagapun bertambah. Begitukah khasiat kencur? Atau Cuma sebatas sugesti?

Indentitas Kencur

Kencur adalah istilah orang Jawa untuk menyebut jenis rimpang ini, kalau orang Aceh memanggilnya Ceuko, nama ilmiahnya sih keren namun agak susah untuk menghafalnya yaitu Kaempferia galangal. Dia termasuk kerabat jahe-jahean (gamilia Zingiberaceae), jadi masih saudaranya kunir, jahe, kunci, dan semacamnya.

Seperti saudaranya yang lain -namanya juga masih saudara, kencur punya kemiripan di sana-sini- tumbuh tanpa batang dan membentuk rimpang di dalam tanah. Rimpang inilah bagian tubuhnya yang paling penting, karena manfaatnya. Tanaman kencur dapat hidup dimana saja, asalkan tanahnya gembur dan subur, dengan sedikit naungan.

Khasiat Kencur

Rimpang kencur bermanfaat sebagai sumber minyak atsiri, penyedap makanan, minuman, juga bahan jamu dan obat. Minyak atsiri dalam kencur berupa sineol, asam metal kanil, dan pendekaan. Minyak atsiri ini bias diperoleh dengan cara menyuling rimpangnya.

Hebat juga minyak kencur di dalam kencur ini! Berdasarkan analisis laboratorium, minyak atsiri dalam rimpang kencur mengandung kurang lebih 23 macam senyawa. Tujuh belas di antaranya mengandung senyawa aromatic, monoterpena, dan seskuiterpena. Nah, dia yang disebut terakhir ini punya efek mengurangi dan menghilangkan rasa nyeri (daya analgesic). Kencur juga bersifat stimulant, sehingga bias sebagai penambah tenaga. Selain itu juga bersifat karminatif atau meluruhkan angina, jadi menghilangkan kembung di perut.

Di Cina, kencur digunakan untuk obat berbagai penyakit, selain sakit gigi juga memar, nyeri dada, sakit kepala, dan sembelit. Kabarnya, kencur juga bias untuk mengobati tetanus, radang lambung, muntah-muntah, panas dalam, serta keracunan. Subhanallah.

Sumber : El-Fata edisi 7/II/2002 hal. 63

25 pemikiran pada “Khasiat Tanaman Kencur

  1. Saya Lisa dari Malaysia. Umur 34 dan mempunyai 4 orang anak. Saya ingin mendapatkan petua atau jamu yang mudah dibuat dirumah bagi menurunkan dan melangsingkan badan. Banyak cara telah saya cuba tapi masih gagal.

    Diharap dapat memberi tunjukajar.

    Terima kasih.

  2. SAYA BERUMUR 32 TAHUN, DAN MEMPUNYAI ANAK 2 ORG, PUNYA PENYAKIT SINUSITUS, APAKAH KENCUR BISA SEBAGAI OBAT?DAN APAKAH KENCUR BISA MEMBUAT BADAN MENJDAI GEMUK? SOALNYA SAYA INGIN BADAN SAYA TETEP LANSING.

    TERIMAKASIH.

  3. SAYA BERUMUR 25 TAHUN, PUNYA PENYAKIT SINUSITUS(HIDUNG MAMPET/NAFAS PENDEK), APAKAH KENCUR BISA SEBAGAI OBAT?,BAGAIMANA MERAMUNYA.!
    DAN APAKAH KENCUR BISA MEMBUAT BADAN MENJDAI GEMUK? SOALNYA SAYA INGIN BADAN SAYA TETEP LANSING.

    TERIMAKASIH.

  4. Haluskan kencur ( min 3ons sehari) terus ambil airnya atau sarinya di camour dengan madu asli, minuman ini dapat melangsingkan badan dan menurunkan berat badan, telah teruji, soalnya istri supirku dari 60kg menjadi 48 kg, di sertai juga minum teh herbalat yang dapat di beli di apotek2.

  5. selamat siang, saya mau tanya ini pak kalau misal saya membuat jamu beras kencur sendiri setiap hari yang bahannya dari kencur+beras mentah+ari hangat + gula saya blender kemudian saya saring, baru diminum kira2 ada efek sampingnya gak ya pak?kadang saya tambah jahe untuk penghangat badan, kira2 ada efek sampingnya gak ya pak kalo misal saya minum setiap hari?
    sama kunir asem, bahannya dari kunir+asam jawa+air hangat saya blender kemudian di tmbah gula…kalau di minum setiap hari ada efek sampingnya gak ya pak? makasih atas sharing2nya ^_^

  6. saya meminati tanaman ubat-ubatan dan ulam-ulaman.selain penyeri landskap yang sungguh indah di kolam ikan saya, tanaman ini juga bermanfaat untuk nikmat yang lebih sewaktu santapan makan tengahari.
    satu pertanyaan, saya ada mengalami masalah resdung/selsema.Apakah jenis ulam-ulaman yang dapat membantu mereda/menyembuh penyakit saya ini?

  7. alhamdulillah info ini bermanfaat untuk semua.Saya kini sedang menanam kencur setelah merasai kelazatan masakan ikan puyu lemak bercampur daun kencur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s