Buah Semangka : Segar Penambah Kesuburan

Buah berbentuk bola ini merupakan sejenis tanaman merambat. Besarnya bisa seukuran kepala manusia, berwarna hijau atau hijau bergaris putih. Dagingnya umumnya merah, berair dan berbiji, tetapi ada juga yang kuning. Itulah Semangka (Citrullus vulgaris Schard), biasanya dikonsumsi sebagai buah, padahal dapat digunakan sebagai obat.

Hampir tak ada yang tak suka, sebab selain manis juga menyegarkan. Bisa dibuat jus atau biasanya wanita menggunakannya untuk pembersih wajah. Bukan hanya rasanya, kandungan dan khasiatnya ternyata mencegangkan. Selain sebagai obat beberapa penyakit, semangka dapat juga mempengaruhi kesuburan pria.

Sifat dan Khasiat

Kulit buah dan dagingnya yang rasanya manis, sifatnya dingin, berhubungan ke meridian jantung, lambung dan kandung kemih. Semangka berkhasiat sebagai penyejuk tubuh saat cuaca panas, peluruh kencing (diuretic), anti radang, pelumas usus, danmenghilangkan haus.

Pada pengobatan tradisional Cina, semangka didunakan untuk melawan bentuk “summer heat” yaitu gejala penyakit yang ditandai dengan banyak keringat, rasa haus, suhu tubuh meningkat, warna urin jernih, diare dan mudah marah. Buah atau jusnya  meringankan gejala-gejala tersebut, meningkatkan keluarnya urin, dan membersihkan ginjal. Biji rasanya manis, sifatnya netral. Berkhasiat peluruh kencing, menyehatkan ginjal, menyejukkan pada radang kandung kemih, dan melembabkan usus.

Kandungan Kimia

Daging buah semangka rendah kalori dan mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, serat, abu, dan vitamin (A,B dan C). juga mengandung asam amino, sirulin,, asam aminoasetat, asam malat, asam fosfat, arginin, betain, likopen, karoten, bromine, natrium, kalium, silvit, lisin, fruktosa, dekstrosa, dan sukrosa.

Sitrulin dan arginin berperan dalam pembentukan urea di hati dari ammonia dan CO2, sehingga keluarnya urin meningkat. Kandungan kaliumnya cukup tinggi, dapat membantu kerja jantung dan menormalkan tekanan darah. Likopen merupakan anti oksidan yang lebih unggul dari vitamin C dan E.

Biji kaya zat gizi dengan kandungan minyak berwarna kuning, protein, sitrulin, vitamin B12, dan enzim urease. Senyawa aktif kukurbositrin pada bijinya dapat memacu kerja ginjal dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Efek Farmakologis

  • Mengkonsumsi semangka yang isinya mempunyai kadar likopen cukup tinggi mengurangi resiko terkena kanker prostate.

  • Pada Percobaan yang dilakukan All India Institute of Sciences New Delhi pada 30 orang pria tak subur berusia 23-45 tahun yang diberi 20 mg likopen 2 kali sehari selama 3 bulan, menunjukkan peningkatan jumlah sperma. Dari 30 responden tersebut, 6 di antaranya berhasil menghamili istrinya.

  • Senyawa asam amino sitrulin dapat meningkatkan produksi nitroksida, yang berperan pada kemampuan ereksi pria. Sitrulin mudah disera tubuh sehingga konsemtrasi maksimum di dalam darah lebih mudah dicapai.

Contoh Pemakaian

  1. Penghalus kulit dan penghilang flek hitam di wajah

Jemur kulit semangka secukupnya sampai kering, lalu digiling menjadi serbuk. Masukkan 2 sendok serbuk semangka tadi ke dalam jus yang dibuat dari sebatang lidah buaya dan satu buah mentimun ukuran sedang. Setelah diaduk rata, gunakan sebagai masker. Lakukan 2-3 kali seminggu, sampai kelihatan hasilnya.

  1. Kencing Manis
    • Potong-potong kulit buah semangka (30 gr) da jambu biji yang masih mengkal (1 buah), lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa segelas dan minum setelah dingin. Lakukan tiap hari 2-3 kali.

    • Rebus biji semangka (1 genggam) dengan 1 liter air sampai mendidih (45 menit) dalam panci tertutup. Setelah dingin, minum seperti teh. Lakukan setiap hari

  2. Mengeluarkan cacing usus

Rebus dengan api kecil biji semangka segar (6 sendok makan) dengan 1 liter air (45 menit). Setelah dingin, disaring, dan diminum sehari 3 kali, masing-masing sepertiga bagian.

  1. Insfeksi kandung kemih

Biji semangka direbus (2 sendok makan) dengan 3 gelas air sampai mendidih, selama 5 menit di dalam panci tertutup. Biarkan sampai dingin, lalu minum 3-4 kali sehari, masing-masing 1 sendok makan. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

  1. Tekanan darah tinggi
  • Makan buah semangka setiap hari sebagai buah segar atau jus. Sehari minum 2 gelas jus buah semangka.

  • Kulit buah semangka dan gambir masing-masing 30 gr, diseduh dengan air mendidih, kemudian diminum.

Tak ada salahnya mencoba pengobatan dari buah semangka. Namanya juga usaha, asal tidak melanggar syariat boleh-boleh saja. Juga, tak selamanya obat itu harus pahit, buktinya obat dari semangka ini.

Sumber : Setiawan Dalimartha, Atlas Tumbuhan Obat Tradisional Jilid 3, Puspa Swara 2003. Diketik ulang dari Majalah Nikah Vol. 3 No. 5 Agustus 2004, Hal 16-17.

42 thoughts on “Buah Semangka : Segar Penambah Kesuburan

  1. mau subur… jangan makan pare, konsumsilah kemangi, saya pernah baca banyak artikel tentang kemangi, rata-rata mengatakan kemangi sangat bagus untuk kesuburan dan memperbaiki mutu sperma juga untuk obat ejakulasi dini, cobalah secara teratur dan proporsional

    • ya memang betul tuh komentar dari kukuh, saya juga pernah baca bahwa kemanggi bagus untuk erjakulasi dini.

    • saya sangat setuju dgn koment dari om kukuh tentang kemangi untuk kesuburan pria, sy pernah mencoba bbrapa bulan lalu walaupun sampai sekarang blm terbukti punya baby, tetapi apakah benar bhwa kemangi dpt menyebabkan asma dan asam urat?? tlong dibantu ya..dibantu…thx

  2. Ping-balik: thibbunnabawi

  3. saya sangat suka buah semangka hampir setiap hari saya memakannya,tapi kenapa saya tidak pernah bosan? Semoga adanya informasi ini dapat menambah ilmu saya tentang semangka.

  4. Buah semangka bikin tekanan darah turun kan? saya sering pusing kalo makan semangka, padahal pengen kesuburan yang maksimal.. gmn dong??

  5. Enak lho semangka yg merah itu , tapi emang kadar gulanya tinggi ya ???? bisa bikin diabet ga ya ………
    anyway i love so

  6. Selama ini saya hindari buah buahan yang manis, termasuk semangka. Apakah tidak meningkatkan gula dara bagi penderita Diabetes ?

  7. mau tanya juga, apa semangka bisa mngakibatkan gula darah naik. trus kalo byk makan semangka pusing itu knp. nice artikel, minta izin copy ya

  8. Ping-balik: Buah Semangka : Segar Penambah Kesuburan « Produsen & Distributor Thibbun Nabawi dan Herbal

  9. apa penderita varikokel, mengkonsumsi semangka terus bisa menghamili istrinya,,,karena mungkin sampai sekarang belum di karuniai keturunan…ada yang tau ??????

  10. tapi gimana mencari semangka yang gak pake suntikan seperti yang diberitakan di TV TV. warna nya merah emang mengguggah, taapi katanya itu disuntik ama oknum yang nakal biar menarik…
    ada ada aja deh….

  11. Apakah mengkonsumsi jus semangga setiap hari utk kesuburan ini, aman bagi penderita diabetes ?
    mohon jawabannya pak. karena kalau memang aman utk penderita diabetes, saya mau konsumsi jus ini, utk menambah keturunan.
    Terimakasih

  12. Menurut yg saya tahu bila anda bisa mendapatkan VCO yg benar, zat ini akan membantu kualitas sperma, karena sifatnya yg meregenerasi sel tubuh. Efek sampingnyapun tidak ada. Bahkan yg diabetespun akan sembuh secara bertahap, karena sel pancreasnya juga akan diregenerasi. Bila kesulitan mendapatkan VCO yg asli boleh hubungi saya

  13. Ping-balik: Manfaat Buah Semangka « Rismaeka's Blog

  14. Ping-balik: Semangka di Hari Jum’at « OniesVsOnice

  15. buah semangka banyak sekali manfaatnya untuk ibu hamil harus mengkonsumsi buah ini ,sulu aku juga sering makan buah semangka waktu q hamil dan untungnya sekarang anak saya perkembangannya aktif

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s