Solusi Penyakit Maag Tanpa Mengobati

Kebanyakan orang sudah kenal dengan penyakit maag. Sehingga terkadang juga bisa mengantisipasinya bila terserang gejala penyakit ini. Dalam istilah kedokteran, penyakit maag disebut gastritis atau peradangan lambung. Untuk gejala yang lebih ringan sering disebut dengan dyspepsia.

Daerah Lambung yang Terkena

Gastritis terjadi pada organ lambung. Organ ini terletak di sebelah kiri rongga dada dengan posisi miring ke bawah, menjorok ke kanan mendekati ulu hati. Kadang-kadang orang yang terkena sakit ini akan menunjuk atau memegang perut sebelah kiri atau ulu hati, tepat dibawah tulang dada.

Di lokasi lambung inilah proses pencernaan makanan terjadi. Untuk selanjutnya diteruskan ke usus di bawahnya. Dalam proses pencernaan tersebut dikeluarkan beberapa cairan asam lambung untuk membantu proses penghancuran makanan.

Asam Lambung Berlebihan

Terjadinya gastritis atau peradangan lambung, pada awalnya karena asam lambung yang berlebihan. Asam lambung yang semula membantu lambung malah merugikan lambung. Asam lambung akan merusak dinding lambung itu sendiri, karena sifat asam yang korosif (mengikis). Faktor yang memicu produksi asam lambung berlebihan, diantaranya beberapa zat kimia, seperti alcohol, umumnya obat penahan nyeri, asam cuka. Juga beberapa makanan dan minuman yang bersifat asam,, makanan dengan bumbu yang bersifat asam dan sebagainya. Makanan yang pedas serta bumbu yang merangsang, semisal jahe, merica, juga akan memicu produksi asam lambung.

Faktor psikis atau kejiwaan seseorang bisa pula meningkatkan produksi asam lambung. Selain itu penyakit maag juga bisa disebabkan insfeksi bakteri tertentu, misalnya helicobacter pylori yang merupakan bakteri normal dalam lambung, yang dalam kondisi tertentu bisa menjadi abnormal. Yang akhirnya merangsang asam lambung. Gastritis juga bisa disebabkan alergi terhadap makanan tertentu, misalnya ikan, coklat dan lain-lain.

Keluhan dan Gejala

Pada awalnya, seseorang yang terserang penyakit ini mengabaikannya saja, yaitu rasa perih dan kembung di ulu hati. Kemudian berlanjut dengan mual dan disertai muntah. Pada saat ini, penderita baru menyadari sakitnya. Keadaan ini berlanjut dengan berkurangnya nafsu makan. Bila hal ini terus dibiarkan, akan berakibat semakin parah dan akhirnya asam lambung akan membuat luka-luka (ulkus) yang dikenal dengan tukak lambung. Muntah pun bisa disertai darah. Keadaaan gastritis akut (mendadak) juga bisa terjadi pada anak-anak yang menelan zat-zat kimia korosif, misalnya asam dan basa kuat. Pada umumnya zat ini terdapat pada cairan kebersihan rumahtangga maupun pestisida. Kerusakan akibat zat ini tidak hanya di lambung, tetapi juga di bibir, rongga mulut dan tenggorokan.

Bagaimana Solusinya?

Bila penyakit maag ini sudah disadari oleh penderitanya, sebenarnya sangat mudah mengatasinya. Artinya, tidak dibiarkan berlanjut terus sehingga menjadi tukak lambung. Prinsip penanganannya adalah diet atau pengaturan makan. Jangan biarkan perut lama dalam keadaan kosong. Keadaan kosong ini dapat mengakibatkan asam lambung yang sudah diproduksi tidak mempunyai bahan untuk dicerna tau digilas, dan pada akhirnya dinding lambung sendiri yang menjadi sasarannya.

Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman pedas dan asam. Hindari makanan berlemak, karena lemak memang sulit dicerna oleh lambung. Selain itu, tektur makanan sebaiknya lembut (lunak).

Sering-seringlah minum air putih, karena bisa mengurangi sifat asam dari makanan atau minuman tersebut. Kurangi mengkonsumsi minuman the, kopi atau soft drink. Porsi makanan sebaiknya tidak terlalu banyak, tetapisedikit dengan frekuensi sering.

Bila harus mengkonsumsi obat-obatan penahan nyeri (analgetik), maka sebaiknya diminum setelah makan dan tidak dalam keadaan kosong.

Bila disiplin dalam mengatur makanan ini, Insya Allah penyakit maag bisa membaik tanpa diobati. Seandainya perut masih melilit dan mual terus menerus, maka obat-obatan untul menetralkan asam lambung sangat membantu meringankan penderitaan. Misalnya, obat-obatan antasida. Bila dengan obat ini belum bisa teratasi, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Kadang kala diperlukan obat penenang untuk mengobatinya.

Waspada Bagi Wanita Hamil Muda.

Wanita saat hamil muda yang sebelumnya mempunyai riwayat penyakit maag, sangat beresiko kambuh, apalagi saat mengidam.

Saat mengidam, terkadang ibu hamil muda tidak berselera makan, mual dan muntah (emesis gravidarium) akibat pengaruh hormone chorionic gonadotropin. Karena perut sering dalam keadaan kosong, maka sakit tidak bisa dihindari. Begitupun sebaliknya, penyakit maag yang diderita sebelumnya bisa memperburuk masa mengidam wanita hamil, yaitu mual muntah berlebihan (hiperemesis gravidarum). Oleh karena itu, hindari lebih dahulu makanan yang merangsang lambung. Selain itu, tablet penambah darah sementara jangan dikonsumsi dulu, mengingat obat ini juga mengiritasi lambung.

Pencegahan

Sangat mudahmenghindari penyakit maag. Yaitu tidak makan dan minum yang pedas maupun asam secara berlebihan, pola makanseimbang (tidak berlebihan lemaknya), dan teratur. Hindari berlebihan minum kopi, the, soft drink. Lebih aman dengan sering minum air putih.

Namun demikian, seorang bisa terserang penyakit maag karena pengaruh ras, keturunan dan kebiasaan makannya. Mungkin saja orang dengan ras tertentu sudah terbiasa dengan makanan yang merangsang, tetapi tidak ada keluhan lambung, misalnya suku Minang.

Bagi yang sudah menderita penyakit maag berat, jika harus memakan makanan yang dikelola secara missal (bersama) -misalnya dalam asrama, instansi hendaklah memperhatikan syarat makanan, seperti harus mudah dicerna, porsi makanan sedikit-sedikit tetapi sering, tidak merangsang lambung (missal pedas, asam, tektur keras), dapat mengeluarkan cairan lambung dan dapat menetralkan kelebihan asam lambung.

Satu hal yang juga perlu diperhatikan, bahwa ketenangan jiwa seseorang bisa mengurangi resiko sakit maag. Jadi, hadapilah kegiatan sehari-hari dengan tenang dan berserah diri kepada Allah. Dan Insya Allah, tidak hanya penyakit maag, penyakit lain pun bisa terhindar dari tubuh kita. Wallahu a’lam.

Sumber : Majalah Assunnah Edisi 06/tahun X/1427H/2006M, hal 13-14.

Info Produk : http://koleksiherbal.indonetwork.co.id

153 thoughts on “Solusi Penyakit Maag Tanpa Mengobati

    • AssWrWb
      Saya secara medis belum pernah divonis mag, tapi akhir akhir ini 3 bulanan kondisi saya agak berbeda, jika saya makan baik pagi/siang/malam usai makan (baik makan banyak/sedikit) selalu kenyang (perutnya kencang dan nggak nyaman sekali) dan sekujur tubuh setiap saat terasa capai capai sekali (Bekam udah dilakukan, reflexi udah dilakukan) tapi kondisi perut kencang tetap saya alami …ada nggak sih solusi yang lain…..terutama menyangkut masalah saya
      Demikian, harapan saya teman teman dapat mensolusikan atau merekomendasikan sesuatu yang menggembirakan
      Wassalam

      • Bagaimana dengan kondisinya sekarang sudah menemukan jawaban belum, karena saya juga mengalami hal yang sama. terima kasih kalau mau berbagi informasi.

      • sekitar 6 bln lalu saya jg terkena maag akut,sampai2 saya mengalami pingsan krn sakit maag yg tak tertahankan.
        kemudian ibu saya menyarankan saya untuk meminum empu kunyit…dan hal ini saya lakukan selama 1 bln berturut2.Alhamdulillah skrg penyakit itu berangsur pulih.

    • saya kena penyakit maag tp da lama saya tahan” cuma minum obat anti nyeri saja saya menahan’y,sudah lama saya tahan ampe skrg tambah parah sampai” saya sering muntah”,obat yg paling bagus buat maag kira” apa an ya?

    • setahu saya sih kalo sering sakit dibagian itu kayaknya anda mesti ati2 ama lever anda soalnya kemungkinan anda bisa terkena penyakit lever yang jika dibiarkan berlanjut bisa jadi hepatitis.saran saya sebaiknya anda konsultasikan ke dokter anda sekarang juga sebelum terlambat.

  1. terimah kasih,ats srannya!!!!! dari hasil informasi yang saya tahu emang bemar teh juga dapat menyembuhkan penyakit maag yah?yang mana benar nich
    dua2nya merupakan solusi,tinggal dipìlih mana yg diinginkan

  2. Terima kasih atas informasinya, sangat bermanfaat sekali buat saya, karna saya penderita maag yg sdh lama sekali saya alami.

    • sbenernya puasa itu akn menjagamu, jdi brpuasalh sprti biasa pd umumny..
      “shuumuu tashihhuu” artinya ; berpuasalah kalian maka kalian akah sehat
      insyaAllah dgn bekal keyakinan kawan.. :D

  3. saya sering panas dingin hampir 8 tahun saya sukarng sekali mengatasi penyakit sudah bermacam-macam obat saya diminum tapi hasilnya belum memuaskan soalinya apa yang harus saya kerjakan!

    sudah coba habbatussauda….Insya Allah dapat membantu bapak

  4. saya dari kecil sering sakit perut yang ngerasanya perih ma melilit banget di bagian atas atau di bawah dada. umur saya sekarang 20an jadi sering ke ganggu misal sedang kuliah jadi bikin tidak konsentrasi. gmn yah?apa saya maag juga atau sakit perut biasa, tapi kalao sakit perut biasa kenapa hampir 20 tahun ini sering sakit kalao cape. trimakasih yah?

    mas bisa konsumsi habbatussauda’ …atau kombinasi habbatussauda, zaitun dan madu

  5. sudah 2 bulan ini saya katanya kena maag…anehnya makannya juga banyak dan tratur sekali tapi badan saya selalu terasa lemah dan tekanan darah saya selalu lemah….bagamana tyu solusinya?? terima kasih atas bantuannya

    bisa konsumsi madu atau habbatussauda untuk atasi maag dan untuk meningkatkan stamina bisa dicoba konsumsi sari kurma…semoga dapat membantu

  6. Alhamdulillah, dari info ini saya jadi lebih yakin dan tenang untuk hadapi sakit maag yang cukup merepotkan ini. Tapi apa bener sakit maag bisa menyerang ke jantung ?, soalnya dengan terpaksa saya pernah harus dibawa ke UGD karena sesak nafas berat yang datang tiba-tiba sampe2 harus dibantu nafas buatan dari tabung oksigen, selain itu juga jantung terasa sakit dan berdebar cepat plus keringat dingin dalam jumlah yang banyak, tapi hasil diagnosa lewat EKG dan rontgen paru2 menyatakan, baik jantung maupun paru2 semua dalam kondisi sangat baik, tapi pun dari desember 2007 sampai saat ini pola makan saya sudah benar2 teratur dengan porsi dan kualitas yang sesuai untuk penderita maag plus obat maag belum juga benar mengatasi sakit yang masih juga sering datang. Barangkali ada alternatif pengobatan lain bila memang ini sakit maag ?

    sakit diperut bagian atas akan mengakibatkan sulit kita untuk bernafas karena menahan rasa sakit yang sangat akibat asam lambung berlebih……..saya pernah mengalami hal demikian kemudian dengan izin Allah Ta’ala sakit maag saya dapat sembuh dengan mengkonsumsi habbatussauda dan madu….mungkin bapak bisa mencobanya juga…tentunya sekali lagi hal ini hanya merupakan ikhtiar namun tetap kesembuhan hanya datang dari Allah saja.semoga dapat membantu!

  7. alhamdulillah ada artikel ini, karna saya jadi tau apa yang harus saya lakukan untuk mencegah penyakit maag yang udah nyerang beberapa tahun belakangan ini terhadap saya. saya sering menderita karna penyakit ini. tapi Insya Alloh saya akan mencoba tips ini. doakan saya ya, biar saya sebuh total. salam kenal buat semua

    Insya Allah….Baarokallahu fiik

  8. Ass..
    saya sakit MAAG, belakangan hari ini dah membaik, tapi karena puasa saya jadi mual-mual dan muntah-muntah lagi? gimana nich? apakah oarng yang punya sakit maag ga boleh puasa?
    terima kasih
    MURTY KLATEN
    Wass

    wa’alaikumsalam….mungkin saran ana bisa dicoba (sebelum memutuskan tidak berpuasa karena maag):
    1. ketika saur kurangi makanan yang mengundang penyakit maag seperti terlalu pedas, asam dll.
    2. sebelum menyelesaikan saur biasakan mengkonsumsi madu min 1 sendok makan……
    3. bisa juga dicoba habbatussauda

    ada baiknya tetap melakukan puasa kecuali memang sudah tidak memungkinkan lagi….semoga tips diatas bisa mengatasi penyakit maag ….baarokallahu fiik

  9. assalamu alikum……………
    Maaf sya hax mau tax bagaimana carax…tuk mengobati sakit maag tapi secara cepat…
    karena ibu sya dah sering sakit2an……
    saya takut ibu sya kenapa kenapa..soalx almarhum bapak say meninggal karna sakit maag juga………….
    wasssalam…

  10. ibu kuwh terkena maag yang serink banget kambuh,
    kadank-kadank dapat obat dari dokter malah tambah sakit.
    ada obat tradisional ndag??

    bisa coba habbatussauda atau madu

  11. saya baru sebulan ini ketahuan kena maag. tetapi kalau maag saya kambuh kenapa tidak merasakan sakit hanya saja perasaaan kembung. selain itu kalau maag saya kambuh saya merasa lemas,kepala agak berat dan seakan akan mau pingsan. yang saya tanyakan apakah itu memang gejala maag yang lazim??? mohon pencerahaannya terimakasih

    • Yang saudara rasakan itu memang benar-benar gejala maag. Saya sudah sekian lama menderita penyakit ini, dengan tanda-tanda yang sama seperti kondisi saudara. Pada awalnya juga saya berpikir, apakah ini tandanya terserang maag, tetapi mengapa bukan perut saja yang terasa sakit, malah pusing, badan terasa sangat lemas, dan mual-mual, BAB pun terasa tidak lancar dan sakit. Lama-kelamaan setelah saya pelajari, ternyata itu memang serangan maag bila sedang kambuh.
      Semoga kita yang mempunyai penyakit ini, bisa dapat disembuhkan dengan cepat dan aman. Apalagi setelah membaca saran-saran, masukan yang ada di media ini. Terimakasih. Wassalam

      • SY JUGA SAMA TAPI KLU SAYA TIDAK BIASA TIDUR KALAU MALAM DAN PERASAAN MAU PINGSAN KEPALA SAYA SEPRTI BERGOYANG TIDAK ADA KESEIMBANGAN

  12. Saya dulu memamg sering minum resep dokter untuk sakt asam urat yang mengakibatkan rasa nyeri dan bengkak pada persendian, bahkan pernah saya berjalan dibantu tongkat penyanggah.
    Sekarang ini saya sering di cemaskan dengan sendawa yang kadang tidak bisa keluar dengan bebas sehingga di perut terasa penuh dan napas berat didaerah lehaer dibawah kolomenjing ( istilah jawanya ) terasa seperti terganjal. Apakah hal ini juga tergolong penyakit lambung ????
    Kemana mana saya periksa katanya penyakit gangguan lambung.
    Karena sendawa yang kadang tidak bisa keluar dengan bebas maka dimasuki makanan, minum justru menambah tidak enak.
    Bagaimana solusinya.

    • menurut saya ,sejak 4 bulan yang lalu saya sering mengalami strees ,demam cemas berlebihan,pokony paranoid abis lah,
      saya mencoba haya mencoba untuk tenang dan berfikir positif dan menkonsumsi madu,habatusauda dan lidah buaya,insyaallah klo teratur pasti sembuh.faktor utama ny mungkin ketenangan jiwa dlu,karena yang saya tau klo kita strees asam lambung pasti meningkat dan langsung terasa kurang nyaman.
      insyaallah saran saya bermanfaat ya

  13. Saya menderita maag sejak SMP, sekarang umur saya sdh 23 thn, mungkin karena saya kurang suka jajan dan hanya makan pagi ma siang saja ma keluarga waktu itu. setiap bulan puasa saya rajin berpuasa full kalaupun penyakit maag saya tidak menusuk yang sangat menyakitkan atau muntah karena sifatnya harus diatasi segera, kata orang2 puasa bisa menyembuhkan maag, memang ada benarnya tapi kambuhnya itu setelah bulan puasa seperti bulan2 ini. makan sudah diatur serta banyak malah, cm kalo utk ngemil sampai sekarang saya memang kurang suka karena saat bekerja ngemil kurang konsentrasi. saya mencoba obat sirup pasaran berinisial My….agak lumayan,tetapi kok hasilnya masih agak perih di ulu hati.itu kenapa ya ???

  14. saya seorang penderita maag, tetapi maag yang saya rasakan terasa sangat sakit dan sering terjadi tiba-tiba. padahal saya sudah makan secara teratur dan mengurangi asam dan pedas. klasifikasi maag apa yang saya derita? obat apa yang cocok untuk saya?, karena sudah berbagai macam obat saya coba dan hasilnya sama saja. apa benar kunyit dapat menyembuhkan maag?

  15. mkasi bt sarannya,saya sering mengeluh sakit di ulu hati,dan mual dan muntah pada pagi hari,atau mencium bau-bau yang tajam…apa mungkin ini penyakit maag ku udh smpe tukak lambung,dan yang saya dengar teh manus bisa mengurangi maag,apa benar??makasi atas jwabannya…

  16. saya pria berumur 30 th. sya mengalami sakit maag sejak lama.kata dokter penyakit maag saya sdh parah.saya mohon solusi obat sakit maag.

  17. asskum..
    saya punya adek cewe unur 14 tahun,punya pyakit maag,pernah suatu kali sakit perut yang teramat sangat, setelah diperiksakan katanya ada pyakit di ulu hati, yang ingin saya tanyakan apa saja yang tidak bole dkonsumsi adeek saya supaya tdak kambuh lagi..mhon jwabannya..makaci..
    wasskum..

  18. Saya penderita maag, mingkn penyakit saya derita ini faktor dari keturunan, saya ingin merubah cara mkan saya tapi tidak bsa…….
    Dengan penyakit yang saya derita ini sejak kecil apa kah berakibat fatal bagi kehidupan saya ????

  19. jazakallah infonya.mudah2an bermanfaat bagi sy yg sering merasa perut/lambung ga enak walau ga sakit. tp mkan susah bgt,asam lambng kaya`ny bnyk,srg merasa kmbng.

  20. ada tman saya yg sdh lama mndrta pnykit maag dan mnybabkannya sesak nafas.dan skrg ia tdk bsa mkan nasi.kta dokter, klaw pnyakitnya kmbuh lgi ia hrs dbwa ke dokter,dan stiap 6 blan sekali tman saya hrs priksa ke dokter.mslahnya ia ga’ mau krn ia ga’ mau ngrpotin ortunya.dan ia sring sesak nafas akbat maggnya yg kmbuh itu.ahir2 ini dia jg bnyak mslah dan slit utk ia hlngin dri pkrannya.apa yg hrs saya lkukan sbg tmnnya……..?????????????

    • ganteng juga profilnya.heeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeehiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu.haks

  21. hai,saya punya istri umurnya 24thn, dia menderita maag sjk stlh melahirkan (sktr 4 thn yg lalu)istri sya biasanya kalo maagnya lagi kambuh sering mual muntah tp perutnya gak pernah skt, tetapi kmrn wkt maagnya kambuh tnyata perut di sebelah kanannya sakit sekali sampe2 dia gak bs tdr semalaman. saya takut kalo dia terkena penyakit usus buntu krn saya prnh baca artikel kalo perut sebelah kanan skit diindikasikan terkena usus buntu. apkah ada hubungan antra penyakit maag dgn usus buntu? oh ya, selama puasa istri saya gak pernah kambuh maagnya. thanks atas infonya

  22. saya itu setelah makan sambal yang banyak banget, keesokan harinya dada saya sesak g2 .
    apakah itu termasuk dari gejala maag???????????????
    mohon dibalas

  23. istri saya lagi hamil muda,dia bekerja di salah satu perusahaan swsta di kota saya dia memang tipe wanita yang tidak suka inggal dirumah,tapi sudah beberapa hari ini saya melarang dia masuk kerja soalnya penyakit maagnya kambuh lagi padahal sebelum marriage dia sudah sembuh total dari penyakit maag…maaf kalo boleh tau apa solusi yang harus saya lakukan ..1. apa tidak apa-apa kalo dia minum obat anti nyeri?? 2.apa tidak ada efek samping bagi kandungannya kalo dia mesti minum obat 3. apa yang pertama2 saya lakukan kalo nyeri maagnya kambuh sampe istri saya tidak tahan akan sakitnya…. saya mohon dengan sangat jawabannya….saya sudah tidak tau lagi harus bagaimana…thanks b4

  24. infonya bagus banget..sangat2 bermanfaat to saya. sekarang maag saya sedang kambuh…sampai sesak napas..maag sy sering kambuh beberapa bulan ini mungkin jjg dikarenakan sy pernah keracunan yg berakibat parah pd lambung saya..sampai detik ini sy hanya mengkomsumsi obet “Inpepsa” dr dokter…sy mo coba saran anda to “konsumsi habbatussauda’ …atau kombinasi habbatussauda, zaitun dan madu”. terima kasih banyak atas infonya..

  25. saya pernah dapat juga info:
    pada saat maag tidak kambuh, makan telor asin. katanya bisa untuk membantu lambung menjadi lebih baik

  26. Sy pnderita maag n tipus sjk kcl..usia sy skrg 23 thn,klo maag sy lg kmbh sy akan muntah2 semalaman sampe cairan empedu kdg kluar,tp keesokan hrny sdh bs mkn wlaupun sdkit bgmana cara mengatasi muntah trs mnrus itu saat maag sy kmbuh?

  27. saya remaja berumur 17 dan sampai sekarang penyakit maag saya belum sembuh. tapi untuk menghindari pantangan makan, saya termasuk sulit karena sekarang banyak aktivitas jd apa saja yg tersedia dikonsumsi. padahal badan saya gemuk tp knp saya menderita maag, & banyak orng tdk prcy klu saya skt maag. jd mnt sarannya
    TERIMAKASIH

  28. Makasaih infonya,. tapi saya ada satu pertanyaan. Saya pernah baca kalau produksi asam lambung berlebih dapat mengakibatkan ULKUS, yang penyebabnya bukan hanya makanan tetapi juga karena stress. So, apa GASTRITIS itu sama dengan ULKUS, atau yang sehari-hari kita kenal dengan PENYAKIT MAAG.. Tolong dijawab ya, Wasalamualikum Wr.Wb

  29. Terima kasih ilmunya tentang Maag / lambung. namun ada sedikit bertentangan dengan apa yang telah saya baca dari artikel yang lain. yaitu kalau di atas disarankan untuk mengurangi minum teh (diatas tertulis the), tapi di artikel lain bahwa salah satu minuman yang dapat mencegah/mengurangi Tukak Lambung adalah Teh Hijau atau Teh Hitam… mohon penjelasan. Matur nuwun…

  30. dari penjelasan di atas, bahwa lambung terletak di bawah tulang iga agak ke tengah mendekati ulu hati, tapi dikala saya kembung dan mual yang terasa adalah di dada / di bawah tulang iga sebelah kanan agak ke tengah… mohon penjelasan. terima kasih.

  31. Ayahku mempunyai penyakit maag kronis,karena sakit yang terus-menerus akhirnya kakaku membawanya ke rumah sakit,lalu dokter memberinya resep obat tapi,setelah beberapa hari bukannya sembuh malah Ayahku seringsakit perut dan membuang kotoran terus menerus.Aku mau tanya kenapa bisa begitu?

  32. thx u infonya.aku penderita maag yg mungkin lmyan parah..tapi aku tu maniak banget yang namanya rujak..jadi kadang susaaah bgt nahannya.hasilnya maag sering kambuh dah..

    • fitnes ga menjadi alasan bwt penderita maag, menurut sepengetahuan saya sport tidak mengganggu aktivitas bwt penderita maag dan tidak ada hubungannya, malah sport selain manfaatnya buat kesehatan juga dapat menghilangkan stress yang menjadi kunci utama penyebab maag. jadi solusi saya lakukan saja apa yang bisa membuat anda menjadi relex sehingga bisa mengurangi stress.

  33. kalau malam saya susah banget buat tidur,dan kalau saya tarik nafas dalam_dalam kenapa dada saya sesak dan sakitnya seperti menusuk ya?!
    tlong bantuanya ya………….

  34. baiklah sekaraang saya mengerti apa yang di maksud dengan penyakit maag, ini sangat membantu saya memberikan informasi tentang cara pencegahan atas penyakit maag ini.ok and sekali lagi thank you so much

  35. alhamdulilah saya di beri info tentang sakit magh secara lengjkap dan lugas, terus terang saya adalah anak masih remaja namun penyakit magh saya sudah ermasuk parah. saya sudah mamakai berbagai cara termasuk mengkonsumsi madu dan ubi jalar. saya juga sudah mencoba meminum habatussauda namun tetap saja kondisinya dan setelah saya ke dokter ahli syaraf ternyata obat tersebut sebenarnya berkasiat namun kondisi psikis saya yang terganggu. mamang akhir-akhir ini saya sering memikirkan berbagai masalah. saya sudah mecoba menghilangkan fikiran-fikiran tersebut dengan mendekatkan diri kepada ALLAH, namun ketenangan itu ada saat saya beribadah namun setelah selesai saya kembali berfikir karena saya ipe wanita pemikir. Bagaimana caranya agar saya bisa berubah menjadi wanita yang tidak terlalu memikirkan masalah? mohon solusinya
    Wassalm……

  36. ass…..

    sya pnya kk mempunyai penyakit maag kronis dan skrng srng kmbuh …

    yg sayang ingin tanyakan,gmn y cra mengatasi’y??????

    mhn bntuan’y…terima kasih sebelum’y

  37. Aslm.. Sy memang menderita maag..
    Dulunya sy selalu sarapan n kalau telat sarapan pasti maag sy kambuh..
    Namun sebulan terakhir ini sy nggak pernah sarapan,,awalnya lambung sy baik2 sj. Namun saat ini kok lambung sy perih banget..
    Apakah sarapan pagi jg berpengaruh terhadap kambuhnya maag??

  38. selamat sore ….
    saya mau tanya , saya mengalami gejala seperti sakit gratitis .
    tolong beri tau solusi nya iah …
    karna itu penting buat saya .

  39. Makasih atas penjelasannya…
    aQ mw nax…apa gak pa2…klo qta terserang penyakit maag, trus mengkonsumsi obat mis:antasida terus-menerus…(artinya tiap maagx kambuh…solusinya minum obat)???

  40. sakit maag saya sdh menahun, sdh beberapa obat maag sy konsumsi, sekarang diperut saya (diatas pusar) ada benjolan keras dan sakit sekali, sekarang sy tidak bisa makan apa2 kecuali nasi 1 sendok saja sdh mual, mohon minta tolong apa solusi dari penyakit sy tersebut . Trima kasih.

  41. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Profilenya sangat bagus, begitu saya buka spontan saya sangat tertarik. Ini adalah kali pertama saya membuka situs ini. Sudah hampir kurang lebih 5 tahunan saya mengidap sakit maag, mungkin sekarang sudah sangat kronis karena saya tidak pernah ngecek ke dokter. Saya sekarang sudah berusia 26 tahun, makan ga pernah teratur, makanan yang dikonsumsipun ga stabil, porsi makan pun ga pernah banyak, setiap kali saya makan tidak pernah bisa banyak, sekitar 6-10 sendok makan saja, itu kalau makan nasi, tapi kalau cemilan atau makanan ringan lainnya berapapun banyaknya saya habisin, karena hobi saya ngemil tanpa pandang kualitas makanan tersebut yang penting enak dilidah. Mungkin ini kesalahan yang saya lakukan dalam hal makanan dan kesehatan. Mohon solusinya, karena selama ini setiap kali saya selesai makan perut terasa mual kayak mau muntah, setiap kali selesai gosok gigipun saya mau muntah bahkan muntah, minum teh juga terasa ga enak kayak pahit-pahit, setiap kali mau minum teh atau susu saya selalu mencampurnya dengan es, untuk mengenakan rasa setiap hari saya selalu mencampur teh dengan es, katanya hal seperti ini efek dari penyakit maag ya… Terima kasih.

  42. mksih buat informasinya… tp aku pusing bahkan udah pasrah krn penyakit maag ya kuderita semakin parah. udah banyak obat yang aku konsumsi tp sama aja bahkan klo penyakitnya kmbuh buat minumpun susah gimana cara mengatasinya??

  43. termakasih banyak atas informasinya, tetapi saya memiliki satu masalah yang sangat parah dengan penyakit maag yang saya derita, terkadang makan apa saja perut saya seperti tidak mau menerima dan sering terasa muah bahkan muntah setelah makan…
    apakah mengkonsumsi obat maag dalam jangka panjang tidak berbahaya?
    terimakasih..

  44. Saya memang menderita penyakit maag. Hal ini berawal ketika saya tidak lagi tinggal dengan orang tua, artinya pola makan menjadi tidak teratur. Saya sedikit terhibur dengan tips-tips yang ada di bolg ini, karena maag dapat diobati tanpa harus mengkonsumsi oaba-obatan tertentu. Thanks ya.

  45. Akhir akhir ne saya sering merasa sakit di bagian esofagus,
    saya bingung saya bukanlah orang yang memiliki pola tidak teratur makan..
    Cuma saya akui
    pada saat makan,saya sering menekan bagian perut saya(agak bungkuk)
    apakah hal itu berpotensi untuk menjadi penyakit maag?

  46. makan singkong rebus tanpa garam disertai minum madu cukup baik mengatasi maag. Dan jaga kestabilan emasi dr perasaan dan pikran. jng makan / minum pedas , masam, kurangi garam-2an. lakukan olah raga ringan.

  47. sya punya pnykit maag sdah dri kcil cz mmang dlu sya susah mkan, tp sdah 2 taun trakhir ni pnyakit maag sya prah bgtz dan serg kambuh, minum obat biasa yg dijual bebas udah ga mempan. mmang jka sdah di ksih obat dokter lgsg smbuh, ttpi hmpir 3 blan skali maag sya kmbuh, kta dkternya sih asam lambungnya mningkat. gmna ia solusi bwt sya?apa ada obat tradisional yg manjur yg bisa bwt ga serg kambuh?

  48. assalamualaikum..
    saya mo tanya..
    saya seing mual, perut sebelah kiri agak bengkak beda sama sebelah kanan, perut terasa kram dan pusing di kepala dan mata seperti kunang-kunang, sebenarnya saya sakit apa dan apakah parah ??? saya sudah berobat dan sering ke dokter kata dokter saya sakit maag tapi yang saya heran masih aja seperti ini..
    Terima-kasih
    Wassalam..

  49. assalamualaikum..
    saya mo tanya..
    saya seing mual, perut sebelah kiri agak bengkak beda sama sebelah kanan, perut terasa kram dan pusing di kepala dan mata seperti kunang-kunang, sebenarnya saya sakit apa dan apakah parah ??? saya sudah berobat dan sering ke dokter kata dokter saya sakit maag tapi yang saya heran masih aja seperti ini..
    Terima-kasih
    Wassalam..

  50. Assalamu’alaikum
    Pak saya kan divonis penyakit maag krnis sama dokter sudah lama tapi melalui pengobatan apapun saya tak kunjung sembuh.
    Pak bagai mana cara pengobatan yang cepat?
    Trimakasih
    Wassalam

  51. askum,

    kebetulan saya punya penyakit magh,,sering sakit,,,kalo abiz makan pasti terasa sakitnya,,padahal saya sudah minum obat dari dokter,,apakah lambung saya ini sudah benar-benar rapuh???apabila habis makan,1-2 jam berikutnya perut saya melilit sakit,,kira kira kenapa ya?
    padahal saya sudah mengikuti anjuran dokter,,

  52. Istri saya punya keluhan dengan lambung kata dokter itu, gejala maag. ada kah obat obat tradisional untuk mengatasi penyakit ini.

  53. Oky banget sasaranya ini kok yo pas aku pnya penyakit kayak gitu…………………….thanks zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz…….acippppppppppppppppppp banget dech…?????!!!!!!!!!

  54. assalamualaikum
    saya dari smp udah ngalami penyakit maag ya klo dibilang parah mungkin abis sakit’y dirasa hampir setiap hari,gmana ya solusinya supaya sembuh tapi saya tuh ga napsu makan dan setiap hari juga selalu makan yang namanya asem kayanya ga bisa bgt jauh dari asem gimana ya splusinya

  55. kenapa perut sakit n mual yang sangat dan setiap bangun tidur rasanya ingin muntah apa itu gejala maag?????
    saat makan pert terasa mual dan mau muntah jadi saya menghentikan makan.bagaimana solusinya????
    tq

  56. asslm.Wr.Wb.
    Saya mw tnya,
    gejala yg saya alami brbeda dr gejala maag pada umumnya.
    Gejalanya adalah. Gejala seperti perut mulas. Spti mw BAB. Tp ktika mw bab, bab tdk mw kluar.Yg ad perut smkn mulas.
    Trkadang gjala itu trjadi ktika saya telat mkn..Pola mkn yg tdk tratur.
    Apakh saya terkena maag?
    Trus kalo gjala maag,stadium brP?
    Bgaimana solusinya?
    Trims,
    wassalam. Wr.Wb.

  57. askum………….
    saya menderita sakit maag sejak saya msih kecil tp knapa sampe sekarang belum juga berkurang rasa sakitnya justru bertambah para saja zaw……..
    pdhal saya sudah berobat kemana2 sampe saya bosan sendiri………………..

  58. perut saya sampai tenggorokan rasanya panas sekali. kata dokter saya maag parah, sudah minum obat tapi kok belum ada perubahan. mohon solusinya….

  59. azkum, , ,
    saya kena maag, saya diberi tahu pantangan2 : kopi, ketan, santan.
    apakh pantangan2 td memang bnr?
    truz, prtolongan prtm waktu maag dtg bgmn y?
    TX

  60. Saya sudah mengidap penyakit maag sejak lama, bahkan sekarang semakin parah sampai terkadang saya tidak bisa tidur malam. Yang lebih parah jika maag saya kambuh saya sampai sesak napas, dada berdebar, pusing, badan berkeringat dingin.
    Mohon sarannya.
    Terima kasih.

  61. saya mengidap penyakit maag lebih kurang sudah 4 bulan, bila maag saya kambuh badan saya semuanya lemah, sesak nafas, pusing, saat kumat sebaiknya apa yang harus saya lakukan…? mohon sarannya… trim’s

  62. informasi yang sangat membantu saya untuk lebih mengenal lagi penyakit magh, dengan informasi ini insyaaalah saya bisa mengantisifasi.

  63. Ping-balik: Tugas TIK | 4gustiah's Blog

  64. saran hembing, insya allah bisa mengobatinya…

    Berikut contoh resep/ramuan tumbuhan obat untuk membantu pengobatan tukak lambung, yaitu :

    Resep 1.
    Bahan :
    Temu lawak: 30 gram
    Kencur: 20 gram
    Adas: 1 sendok teh

    Cara Pemakaian :
    Temu lawak dan kencur dicuci bersih dan dipotong-potong, direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, disaring, tambahkan 1 sendok madu, airnya diminum hangat. Lakukan 2 kali sehari.

    Resep 2.
    Bahan :
    Daun lidah buaya: 90 gram
    Kunyit: 20 gram
    Sambiloto: 5 gram kering
    Gula aren: secukupnya

    Cara Pemakaian :
    Daun lidah buaya yang telah dikupas kulitnya beserta kunyit dipotong-potong, lalu bersama bahan lainnya direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc air, disaring, airnya diminum. Lakukan 2 kali sehari

    Catatan :

    pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur 2 kali sehari.

    Untuk perebusan gunakan periuk tanah, panci enamel atau pirex.

    Ramuan dapat digunakan untuk 2 kali perebusan

    Untuk keluhan yang serius tetap konsultasi ke dokter.
    Sumber: hembing

  65. maag saya lagi kronis sebulanan ini. biasanya kalau kambuh pakai obat2 antasida saja cukup. sekarang saya coba kunyit, sepertinya positif & ada perkembangan baik. ada yg saran dicampur kayu manis. ada yg pakai singkong mentah diparut, diperas & air perasan didiamkan hingga mengendap. endapan campur air sedikit lalu diminum.
    gejala2 yg dijelaskan anda2 semuanya betul & unt antisipasi sesak, lemas, nyeri dll memang cocok sekali dgn diri kita sendiri

  66. Sebetulnya, masih ada pertanyaan yg belum diungkap, yaitu : Kenapa asam lambung ini bisa berlebih dan berbahaya ? Kalo jawabnya tidak ada yg diproses, itu tidak tepat. Bagaimana dengan yg puasa ? Apa mereka juga akan rwan terkena penyakit maag ?
    Yg perlu anda sadari dan ketahui adalah, penyebab dari berlebihnya asam lambung ini disebabkan oleg sejenis virus. Virus inilah yg harus dibasmi dahulu, baru penyakit maag ini akan sembuh dengan sendirinya.
    Zat anti virus ini banyak macamnya, salah satu yg paling aman dan tanpa efek sampin adalah VCO yg asli.

  67. untuk penyembuhan penyakit maag coba minumlah jeli gamat 5 sendok makan setengah jam sebelum makan selama 3 bulan berturut2 dijamin maag anda tidak akan kambuh lagi

  68. maag emang menyebalkan.
    guys, tolong kasih solusi buat ak doong.
    ak penderita maag dah cukup lama,.
    hampir setiap hari kambuh, stiap kali kambuh rasanya menyiksa bnget, smpai menekan ke kepala rasanya pusing bahkan sekarang malah nyerang hidung neeh sampe hidung mampet.
    apa ini sudah bahayakah….?

  69. As’alkm akhir2 ini maagq kumat, bagian belakangq skit sampai kepala, apalagi klo siang2 lagi cuacax panas,,,,,,,,,mhon saranx. syukronnnn

  70. ibu saya sakit maag sudah lama,sdh di obati ke dokter tapi juga belum kunjung sembuh,bagi teman 2 kalo ada yang tau obatnya atau pengalaman dengan sakit maag mhn kirim ke email saya” “trims

  71. Anaku 4th sudah 2hr mrintih kr perutny sakit. Sudah k puskes d bri antasida tp ttp mrintih, kasian mlihatny. Selain antasida jg d selingi dg madu & kunyit tetap mrintih jg gimanaya?

  72. Saya penderita Maag Kronis yang slama ini tersiksa oleh nyeri lambung yang amat sangat, tapi Alhamdulillah atas Izin Allah semua itu telah berlalu karna Allah SWT telah berkenan membukakan sdikit pintu Rahasia pengobatan Penyakit Maagh ini, silahkan Bapak/Ibu mencari Daun Dewa yang segar ambil beberapa lembar dan makan Daun Dewa Segar tersbut secara Rutin Insya Allah nyeri dilambung, gampang masuk angin yang menusuk seperti mengalami sakit jantung karena tekanan gas lambung ke ulu hati hilang dalam waktu yang singkat, Salam Sehat Farhan

  73. Saya mempunyai sedikit tips/info mengenai penyakit maag, krena saya pun mengalaminya dari sya smp sampai skrng sya berusia 23 tahun, tp alhamdulillah skrng saya jarang sekali kambuh, pertama memang kita harus mengatur pola makan (sperti yg sudah bnayk dijelaskan diatas) dan jgn lupa mecin/penyedap rasa itu sangat berpengaruh terhadap lambung (merangsang lambung) jd sampai saat ini saya tdk pernah menggunakan penyedap rasa dlm makanan, gorengan pun sebenarnya jgn dikonsumsi berlebihan. Saya mengobati sendiri penyakit maag dgn terapi air mineral dan alhamdulillah skrng tdk kambuh lg (^_^)sebenarnya bsa dgn madu,zaitun, kurma, cucumber sea dan memang dipadupadankan lebih protect terhadap lambungnya sendiri alias lebih cepat dlm proses penyembuhannya. Smg info ini bs bermanfaat, amin

  74. apa terapi / obat maag yang aman untuk wanita hamil dan menyusui?
    semoga bisa memberikan rekomendasi yang bagus, soalnya jika sedang kumat, sakit maag sangat mengganggu dan terasa sakit sekali
    makash

  75. asss………tolong dong istriku klw kambu maagnya muntahnya hingga 12 jam setiap 10 menit atau 30 mnt pasti ia muntah .datangnya maagnya setiap 2 minggu atau 1 bulan dan penyakitnya ini kurang lebih sudah 3 tahun ,please

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s